Watu Giring, Kombinasi Alam dengan Maha Karya Manusia

Merupakan salah satu tempat wisata alam yang berasal dari gabungan batuan alam yang didapatkan dari potongan batuan yang telah dipotong – potong oleh para penambang. Bisa dibilang bahwa sebenarnya tempat wisata alam yang satu ini justru telrihat lebih mirip layaknya yang ada di bukit Breksi Kalasan, tepatnya di Sleman. Yang bisa dijadikan sebagai pembedannya hanyalah dibagian potongan batu alam yang telah diambil keduanya.

Dimana untuk penambangan batu alam yang terdapat di Semanu tersebut batuannya berukuran kecil memanjang. Sementara untuk batuan dari tempat lainnya sangat berbeda sekali. Yaitu berukuran besar, di bukit breksi. Namun meskipun berbeda, keduanya sama – sama unik, karena keduanya sama – sama telah diatur oleh para manusia. Jadi bisa dibilang bahwa Watu Giring ini merupakan sebuah kombinasi yang tepat dari maha karya manusia terhadap batuan alam yang sudah ada dari dulu.

wisata-watu-giring

Lokasi dan Sejarah

Untuk bisa sampai ke lokasi Watu Giring ini, maka Anda bisa menggunakan rute yang sama dengan rute ke Kali suci, yang lokasinya ada di Semanu. Sementara untuk alamat lengkapnya ada di Desa Jelok, Kec. Semanu, Dusun Pacarejo, Kab. Gunung Kidul, DIY.

Sebenarnya wisata Watu Giring itu bukanlah wisata alam. Namun, dulu ini adalah sebuah tempat penambangan batu. Anda bisa melihat dari segi struktur batunya yang bentuknya persegi panjang. Karena bentuknya sangat unik dan mampu melihat perkembangan tempat wisata anak zaman now, hal ini membuat tempat ini dikonsep menjadi lebih unik.

Dari awal pembukaannya, wisata Watu Giring ini dulu belum seramai seperti sekarang ini. Namun, dikarenakan kemudian banyak traveler muda yang berkunjung dan berfoto, akhirnya latar bebatuan ini menjadi viral dan terkenal sampai saat ini.

Spot Menarik di Watu Giring

Apa yang Unik dari Watu GiringSalah satu keunikan dari tempat wisata Watu Giring ini meliputi area yang unik dijadikan sebagai tempat untuk berfoto ria.

  1. Batuan yang Unik

Ketika memasuki kawasan Watu Giring, Anda akan langsung disuguhkan dengan bebatuan yang tersusun secara berundak. Meskipun terlihat sangat acak, namun penampilannya benar-benar unik dan cantik. Bila dilihat secara sepintas, tumpukan bebatuan ini bentuknya seperti sebuah bangunan heritage megalitikum atau berbentuk punden yang berundak,

Karena itulah yang membuat banyak para wisatawan semakin takjub dengan spot yang menarik ini ketika pertama kali datang. Formasi bebatuannya berbentuk bertingkat, sehingga hal ini membuatnya terlihat semakin artistik dan memiliki sentuhan unsur seni didalamnya. Anda bisa langsung dimanjakan dengan berbagai macam spot foto yang menarik dan membuat Anda bisa melihat pemandangan alam yang ada di Watu Giring.

  1. Spot Aneka Kuliner

Untuk Anda yang puas dengan pesona yang disediakan di tempat wisata ini dan mulai merasa lapar, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda ke tempat kuliner yang ada disini. Didalamnya terdapat sentra kuliner belalang yang membuatnya semakin lengkap. Pernah mencobanya?

Jika belum, Anda harus mencobanya! Tempat ini benar-benar sangat terkenal, selain belalang ada juga aneka makanan khas yang lainnya. Tentu saja ini membuatnya lebih lengkap untuk Anda yang hobi kuliner. Karena dengan begitu Anda bisa menikmati aneka makanan kuliner yang khas di tempat ini. Dijamin hal ini akan membuat liburan Anda semakin lengkap dan seru.

  1. Gazebo dan Spot Foto Unik

Di tempat inilah Anda bisa memburu banyak spot foto yang benar-benar instagramable. Selain memiliki bentuk batuan yang unik, ada juga beberapa gazebo dan juga spot foto yang lucu yang disediakan di tempat ini. Yaitu, berbentuk love dan gubuk. Anda bisa memasukinya lewat tangga batu yang ada.

Didalamnya terdapat pemandangan yang luar biasa. Warna batunya benar-benar eksotis dan bisa membuat foto Anda benar-benar menarik.  Jadi, untuk Anda yang gemar hunting foto keren, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi terbaik untuk mencari spot foto terbaik.

obyek-wisata-watu-giring

Kegiatan Menarik di Watu Giring

Ketika ingin merencanakan liburan ke destinasi wisata baru yang sebelumnya belum pernah didatangi, tentunya Anda pasti akan mencari banyak referensi untuk mencari tahu semua informasi tentang tempat tersebut. Maka dari itulah, dibawah ini akan kami berikan sedikit informasi tentang apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Watu Giring:

  1. Hunting Foto

Disini terdapat tumpukan batu tua seperti tempat peninggalan zaman Megalitikum. Karena spot inilah membuatnya memiliki keindahan yang luar biasa. Ini bisa membuatnya semakin menggelitik minat para pengunjung untuk berfoto. Khusus untuk Anda yang hobi narsis dimana-mana, maka Anda wajib berkunjung ke tempat ini. Karena disini ada banyak spot background yang unik dan bisa membuat hasil jepretannya terlihat keren.

  1. Piknik

Di Watu Giring inilah Anda bisa berwisata sekaligus piknik. Rasanya benar-benar seru! Anda bisa menggelar karpet aladin Anda untuk piknik. Kemudian jangan lupa untuk membawa bekal sekalian, seperti makanan dan minuman. Agar acara piknik semakin seru, maka lengkapi acara piknik dan nongkrong Anda tanpa mulut kosong. Ajak teman-teman dan keluarga untuk berkunjung kesini agar liburan semakin seru.

Bagaimanapun juga, jika liburan itu belum lengkap rasanya jika belum piknik ke tempat ini. Maka dari itulah, dengan kegiatan piknik yang bisa dilakukan di tempat ini membuat liburan semakin menyenangkan. Apalagi jika Anda singgah bersama teman-teman dan keluarga. Rasanya piknik menjadi makin berasa menyenangkan, karena disini terdapat aneka wisata yang menghibur yang membuat kegiatan piknik semakin seru.

  1. Mencari Gebetan

Untuk yang masih jomblo, daripada galau karena tidak punya pasangan, Anda wajib berkunjung ke tempat ini. Karena disinilah Anda bisa refreshing sekaligus mencari gebetan. Disinilah terdapat banyak sekali tempat hits yang patut dicoba. Ada banyak kawula muda yang cocok sekali untuk Anda yang bingung mencari pasangan.

  1. Berburu Sunset

Berkunjung ke Yogyakarta belum lengkap jika belum ke Watu Giring. Disinilah Anda bisa berburu sunset atau melihat matahari yang terbenam yang sangat indah. Maka dari itulah, untuk Anda yang ingin melihat keindahan sunset, datang saja di sore hari. Sunset yang ada disini terlihat berbda sekali dengan destinasi pada umumnya. Apalagi ketika menjelang senja, saat sebagian cahaya matahari pergi, purba watu giring menjadi terlihat begitu eksotis. Semuanya makin berasa mempesona hingga membuat Anda semakin lupa diri.

  1. Foto Pre-wedding

Jika Anda ingin mencari tempat terbaik untuk foto pre-wedding, maka disinilah tempatnya! Anda bisa mengambil sesi foto pre-wedding di tempat ini. Karena disinilah terdapat background keren yang benar-benar mengesankan. Ada banyak spot foto yang menarik yang cocok sekali untuk dijadikan pilihan foto pre-wedding.

Salah satu tempat paling unik adalah area undakan tangga. Dengan memakai busana yang tepat, misalnya saja seperti menggunakan longdress yang cerah, ini bisa membuat penampilan foto Anda terlihat lebih bagus. Sehingga, hal ini jka diaplikasikan untuk foto pre-wedding bisa membuat hasil jepretannya semakin bagus dan mengesankan.

73-watu-giring

Fasilitas

Di tempat wisata yang satu ini, Anda akan bisa menikmati berbagai macam fasilitas umum yang memang disediakan oleh pihak pengelolanya. Beberapa fasilitas umum yang bisa Anda temukan di area watu giring itu meliputi:

  1. Tempat duduk yang berasal dari bamboo yang berguna untuk dijadikan sebagai tempat peristirahatan para pengunjung.
  2. Ada banyak warung dan central makanan khas dari Jogja, yang meliputi belalang goreng.

Tiket Masuk

Di tempat wisata ini Anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja, yang meliputi di bawah ini:

Harga Tiket Parkir Motor               : Rp 2.000, -/ motor.

Harga Tiket Parkir Mobil                : Rp 5.000, -/ mobil.

Setelah melihat beberapa hal tersebut, maka kini saatnya untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk berwisata ke Watu Giring. Waktu terbaik ke tempat ini adalah di pagi hari dan di sore hari. Mau tahu alasannya? Karena tempat ini benar-benar sangat terbuka, sehingga sinar matahari bisa langsung menusuk hingga ke ubun-ubun Anda.

Pastinya hal ini membuat kegiatan wisata Anda menjadi tidak seru jika datang di siang hari. Karena itu bisa membuat Anda sibuk mencari perlindungan di tempat dingin. Maka dari itulah, jika Anda ingin datang di siang hari, sebaiknya jangan lupa membawa sunblock dan jaket. Dengan begitu, Anda bisa bersantai di tempat ini.

 

wisata-watu-giring-2

Lihat Juga :

www.alindstransport.com