Indonesia punya Blue Lagoon juga lo..!! Kunjungi Tirta Budi Jogja

tirta-budi

Ramainya dan padatnya kota Jogja, membuat beberapa orang ingin berenang ke dalam kolam yang jernih, bersih, dan alami. Bila Anda sedang mencari tempat yang seperti itu, Anda bisa berkunjung ke Kab. Sleman, di kec. Ngemplak, Kelurahan WIdodomartani, di dusun palem. Karena Anda akan menemukan sebuah tempat pemandian yang warna airnya biru langit, yang dinamakan sebagai Tirta Budi Blue Lagoon.

Banyak wisatawan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini karena di tempat ini terdapat sejumlah 3 sumber mata air, yaitu sendang wadon, sendang lanang, dan belik kluwih. Sementara untuk sumber airnya ini sebenarnya beradal dari area Belik Kliwih. Saat musim hujan tiba, aliran airnya akan menjadi sebuah terusan dari sungai Tepus. Sehingga, warna air yang awalnya biru kehijauan menjadi berubah warna.

Lokasi dan Sejarah

Lokasi Tirta Budi jogja ini berada di Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY 55584. Rute perjalanan untuk menuju ke Tirta Budi Blue Lagoon adalah sebagai berikut ini:

Untuk bisa sampai ke tempat wisata Tirta Budi Blue Lagoon ini, maka Anda bisa menuju ke jalan kaliurang, tepatnya pada KM 13 dari pertigaan dusun besi, ambil ke arah timur. Selanjutnya, silahkan lurus saja ke timur sampai ke jalan Besi Jangklang, tepat di pertigaan, belok kanan sesudah melewati bank BPD DIY. Sampai disitu, Anda akan melewati gapura selamat datang untuk ke tempat wisata Blue Lagoon ini, maka Anda akan sampai di tempat wisata yang satu ini.

Berbicara tentang sejarahnya, sebenarnya dulu sebelum tempat ini terkenal seperti saat ini, Tirta Budi bukanlah tempat wisata yang banyak pengunjungnya. Namun, Tirta Budi hanyalah kolam untuk mandi dan bermain air saja oleh warga sekitar. Akan tetapi, suatu ketika ada salah satu mahasiswa dari Jogja yang sedang KKN di tempat ini.

Saat itu, ada salah satu warga yang mengajak salah satu mahasiswa untuk mandi di kolam pemandian itu. Barulah kemudian, tempat ini semakin terkenal. Karena mahasiswa tersebut mengajak teman-temannya juga untuk berkunjung ke tempat ini. Akhirnya tempat ini mulai dikenal oleh semua orang.

Karena jumlah pengunjung yang datang semakin banyak, sehingga salah satu universitas di Yogyakarta menyebut nama pemandian ini yang mulanya Tirta Budi menjadi bernama Blue Lagoon. Namanya diganti menjadi Blue Lagoon karena airnya benar-benar jernih biru dan sejuk. Sehingga, airnya mampu menghilangkan rasa capek di tubuh dan memberikan kesegaran tersendiri untuk siapapun yang berenang dan mandi ke dalamnya.

Spot Menarik di Tirta Budi Jogja

  1. Karena namanya saja tempat pemandian Tirta Budi, maka spot paling menarik disini adalah memiliki tempat pemandian alami yang jernih. Warna airnya yang jernih biru kehijauan membuat tempat pemandian yang ada di pedesaan ini semakin diburu banyak orang. Apalagi pemandangannya juga masih sangat asri dan indah. Sehingga, tempat ini cocok sekali bila dijadikan sebagai tempat wisata keluarga yang terbaik.
  2. Kaena memiliki air yang jernih, di kolam pemandian ini juga memiliki spot menarik lainnya selain kolam pemandian. Yaitu memiliki spot berkumpulnya banyak ikan kecil di sekitar aliran pemandian. Bahkan, ikan tersebut tak jarang menggigit kaki pengunjung yang berenang. Namun jangan khawatir! Karena gigitannya tidak sakit dan hanya menimbulkan rasa geli di kaki saja tanpa luka.

Kegiatan Menarik di Tirta Budi Jogja

Jika sudah mampir ke pemandian Tirta Budi ini belum lengkap jika belum melakukan beberapa kegiatan menarik di bawah ini:

  1. Mencari Obat Berbagai Macam Penyakit

Karena airnya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, misalnya saja seperti gatal – gatal atau eksim. Selain itu, airnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit rematik dan juga menyembuhkan stress dan kelelahan atau kecapekan. Tak heran jika banyak orang kemudian singgah ke tempat ini hanya sekedar untuk menyembuhkan penyakitnya saja.

  1. Menenangkan Diri

Bila melihat dari segi lokasinya sendiri, tempat pemandian alam ini berada di kawasan pedesaan yang jauh sekali dari pusat keramaian kota. Sehingga, keasrian tempat wisata ini benar-benar masih terjamin dengan nuansa pemandangan pedesaan yang masih alami. Lokasinya yang masih jauh dari pusat kota membuat udaranya juga menjadi masih sejuk, alami, dan bebas polusi udara. Apalagi disini juga banyak pepohonan yang masih rimbun. Sehingga, hal ini membuat keasrian suasana pemandiannya semakin terjaga.

  1. Berenang dan Berendam

Anda bisa berenang sekaligus berendam di tempat ini. Apalagi melihat segarnya mata air yang masih alami dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, maka rasanya belum lengkap jika datang kesini tapi tidak berenang dan berendam. Disisi lain, ada bendungan kecil di kolam ini yang bisa dipakai para wisatawan untuk berluncur memakai ban renang.

Anda bisa menyewa ban tersebut di tempat persewaan. Jika Anda memiliki nyali yang cukup besar, Anda bisa mencoba langsung melompat dari ketinggiannya yang seperti cliff jump atau mencoba backflip yang akan memberikan sensasi kesenangan tersendiri untuk Anda.

  1. Terapi Pijat Alami

Jika badan Anda sedang lelah tapi ingin hemat, cobalah terapi pijat disini dengan cara berdiri tepat di bawah pancuran buatan. Guyuran dari air pancuran inilah yang akan membuat badan Anda menjadi lebih segar saat mengenai tubuh Anda.

  1. Berfoto Ria

Agar semakin seru, cobalah untuk melompat dari batu yang sedikit tinggi dan beratraski sambil melompat ke kolam. Selain mempunyai kedalaman yang cukup dalam, atraksi lompat juga aman dilakukan. Apalagi ada bendungan kecilnya yang membuat Anda bebas berseluncur dimana saja. Sehingga rasanya membawa action cam untuk berfoto ria adalah hal yang wajib ketika tiba di tempat ini.

  1. Bersantai

Sudah selesai dengan kegiatan melompat, berenang, berendam, dan berfoto ria, maka saatnya Anda untuk beristirahat sejenak di tempat ini. Cobalah untuk menikmati suasana pedesaan dengan cara beristirahat di gazebo buatan yang disediakan di tempat ini. Anda bisa bercengkrama bersama semua teman Anda sambil minum kopi hangat ataupun segelas teh hangat agar suasana bersantai makin nikmat.

Fasilitas

Beberapa tempat fasilitas yang disediakan di Tirta Budi Blue Lagoon yang bisa Anda dapat bila Anda berkunjung ke tempat wisata ini adalah, meliputi:

  1. Toilet
  2. Mushola
  3. Taman
  4. Kantin
  5. Tempat parkir. Ini cocok sekali untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi. Kini Anda tak perlu khawatir mengamankan kendaraan Anda. Karena disini sudah ada area parkir yang luas yang siap mengamankan kendaraan Anda.
  6. Alam yang rindang dan bersih.
  7. Air bersih dan juga jernih.
  8. Tempat untuk menitipkan barang bawaan.
  9. Tempat penginapan. Ini cocok sekali untuk Anda yang ingin lebih lama lagi menikmati keindahan alam di tempat pemandian Tirta Budi ini. Disini terdapat tempat penginapan dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap. Dijamin libuaran Anda terasa makin menyenangkan.
  10. Warung makan. Ini adalah fasilitas terbaik yang selalu ditunggu-tunggu semua orang. Karena rasanya liburan belum lengkap jika perut sedang kosong. Maka dari itulah, dengan banyaknya penjual makanan di tempat ini, ini akan membantu Anda yang tidak sempat membawa makanan dari rumah. Anda bisa lebih mudah mengisi perut Anda saat tiba di tempat ini.
  11. Ini adalah tempat dan fasilitas terbaik untuk Anda yang tidak mau bermain air. Anda bisa bersantai sambil menikmati kesejukan alam dari gazebo yang berada di area pemandian Tirta Budi ini.
  12. Penyewaan alat renang. Ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menikmati sensasi berenang yang lebih menyenangkan di tempat ini. Disinilah Anda bisa mencoba fasilitas persewaan alat renang, berupa ban, pelampung, alat snorkeling, dll.

Tiket Masuk

Tiket Masuk ke Tirta Budi Blue Lagoon cukup murah. Yaitu:

Tiket Masuk       : Rp 3.000,-/ orang.

Tiket Parkir         : Rp 2.000,-/ kendaraan motor.

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com