Telaga Biru Ngreneng, Mata Air Srimulih, Kawasan Pemandian Tersegar

Sekarang ini Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng) sedang diperbincangkan di Indonesia. Ini merupakan sebuah tempat pariwisata berupa kolam pemandian umum yang mana mata airnya berasal dari sebuah mata air yang jernih sama seperti Blue Lagoon dari Sleman, yang dimiliki oleh pemandian alam Tirta Budi. Bagaimana tidak? Mata air ini pun memiliki kejernihan air yang super jernih airnya. Sehingga, hal ini membuat siapapun yang melihatnya langsung saja ingin menjeburkan diri ke dalamnya.

Telaga Biru Ngreneng

Lokasi Telaga Biru Ngreneng

Bila Anda ingin berkunjung ke Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng), maka Anda bisa langsung saja ke Dusun Wediutah, Semanu, Ngeposari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah.

Untuk bisa sampai ke Telaga Biru Ngreneng, Anda bisa memulainya dengan mengambil jalan dari jalan Wonosari, kemudian ke Piyungan, Patuk, ke Hutan Blunder, Playen, dan Anda akan sampai ke kota Wonosari. Setibanya di tempat ini, Anda bisa menuju ke timur ke Kec. Semanu.

Ikuti saja jalan utamanya hingga melihat ada perempatan lampu merah. Pilih saja jalan lurus agar melintasi jalanan pasar sapi dan juga polsek Semanu. Setelah itu, bertanyalah pada penduduk sekitar tentang arah ke mata air. Karena rute perjalannya melewati banyak tikungan dan melewati pemukiman warga. Sehingga, sebaiknya bertanyalah pada warga sekitar agar tidak tersesat.

Disamping itu, pengunjung yang datang ke mata air ini diharapkan memakai kendaraan roda dua. karena jalanannya sangat sempit dan cukup sulit dijangkau menggunakan kendaraan beroda empat. Dari kota Yoogyakarta ke mata air ini jaraknya sejauh 60 km. Jadi, jika ditempuh memakai kendaraan pribadi itu Anda membutuhkan waktu selama 1 jam 30 menit.

Spot Menarik di Telaga Biru Ngreneng

Letaknya sendiri masih sangat tersembunyi. Sehingga, jangan heran jika disini tak banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmatinya. Biasanya orang-orang yang berkunjung ke tempat ini adalah pemuda setempat yang ingin mandi dan berenang. Di bawah ini adalah spot menarik yang ada di telaga biru Ngreneng, antara lain:

  1. Mata Air Jernih

Bila orang-orang yang tinggal di kota umumnya berenang ke dalam kolam renang yang memiliki air berwarna biru karena ada obatnya. Maka kini Anda bisa berkunjung ke Kec. Semanu, Dusun Wediutah, Ngeposari, tepatnya di Telaga Biru Ngreneng ini untuk berenang sambil menikmati mata air yang masih alami. Karena airnya masih sangat jernih dan segar.

Air yang jernih ini dikarenakan sumber airnya berasal dari mulut goa yang ada di dekatnya. Dalam goa inilah Anda akan melihat ada sungai bawah tanah yang kerap ditemukan di kawasan Gunungkidul. Banyak orang berpendapat bila sungai bawah tanah ini menjadi 1 sumber dari sungai bawah tanah dari Goa Bribin.

  1. Pemandangan Hijau Masih Alami dan Asri

Kolam pemandian mata air Ngreneng ini ada di kawasan ngarai kecil atau lembah. Dimana kolamnya berada di antara tebing bebatuan karst atau batu kapur. Jika berjalan dari lokasi parkirnya ada jalan menurun yang telah diapit 2 tebing kapur yang sangat tinggi. Sedangkan di area sekitarnya banyak sekali tanaman liar.

Pemandangan alam disini masih sangat alami dan jarang terjamah oleh manusia. Ketika melewati ujung jalan, terdapat pohon besar yang mana sebelah kanannya sangat menyeramkan. Namun, saat Anda tiba disini, Anda akan langsung terpukau saat melihat warna birunya air kolam yang terdapat di dasar lembah.

Sehingga, Anda akan ingin menuruni anak tangga batu agar sampai ke dalam kolam pemandian. Kolam pemandian ini mempunyai kedalaman sampai dengan 2 meter di tengahnya. Sedangkan dibagian tepi kolamnya masih sangat dangkal. Sehingga aman untuk pemula.

  1. Tempat Pemandian

Disini terdapat tempat pemandian, dimana mata airnya adalah sumber mata air yang masih alami dan berasal dari goa yang kecil didekatnya. Dari dalam goa inilah terlihat sungai bawah tanah yang mengalir yang dulu katanya masih 1 aliran dengan kawasan sungai bawah tanah dari dalam Goa Bribin.

Warna air kolam pemandian disini adalah hijau kebiru-biruan. Dengan begitu, ada yang mengatakan bahwa telaga biru ini disebut juga dengan nama Blue Lagoon. Penyebutan kata Blue Lagoon ini dulunya dikenal sebagai pemandian Tirta Budi atau sebagai Blue Lagoon Sleman. Tak heran jika ada juga pengunjung yang menyebut nama ini sebagai Blue Lagoon Gunung Kidul.

Pengunjung yang berdatangan ke tempat ini sampai saat ini masih didominasi anak muda dari desa setempat. Bahkan, setiap hari selalu ada anak muda di sore hari untuk bernang dan mandi ke dalam sumber mata air ini. karena airnya sangat jernih dan masih segar, sehingga hal ini membuat semua orang betah untuk berlama-lama berendam dan mandi di sumber mata air ini.

Apalagi biayanya masih gratis. Sehingga, hal ini membuat sumber mata air ini sangat menghibur bagi kebanyakan orang. Karena tempat ini masih bebas dapat dimanfaatkan siapapun yang datang ke tempat ini. Namun meskipun begitu, setiap pengunjung diharapkan selalu menjaga kebersihan dan membawa sampahnya kembali ke rumah karena disini belum ada tempat pembuangan sampahnya.

  1. Ada Pohon Besar yang Menjadi Focal Point Tempat Ini

Sementara letak mata airnya sendiri ada di ngarai atau sebuah lembah yang dekat dengan kawasan rumah warga. Dengan begitu, setiap pengunjung harus berjalan kaki bila sudah memakirkan kendaraannya. Bila Anda sudah memakirkan kendaraan Anda, maka Anda harus berjalan kaki melewati turunan dan apitan tebing. Ketika Anda hampir sampai ke lokasi mata air ini, Anda akan melihat ada pohon besar yang sangat kokoh dan menjulang ke atas. Ini menjadi spot menarik yang patut diperhitungkan. Karena pohon ini sangat unik sekali. Dari sinilah lokasi pemandiannya mulai terlihat. Anda bisa mendekati mata airnya dengan cara menuruni anak tangga yang dibuat secara permanen.

Kegiatan Menarik di Telaga Biru Ngreneng

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng), dimana untuk lebih tepatnya sebagai berikut ini:

  1. Anda bisa menikmati air yang jernih dan segar dengan cara berenang.
  2. Anda bisa mandi dan menikmati Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng) tersebut.
  3. Anda bisa menikmati begitu eksotisnya apitan tebing ketika Anda baru saja memakirkan kendaraan Anda. Karena setelah sampai, Anda masih harus berjalan kaki melewati turunan apitan tebing tersebut.
  4. Anda akan melihat pohon besar yang kokoh di area Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng) tersebut.
  5. Anda bisa mencuci muka di Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng) tersebut untuk menikmati kejernihan airnya.

Fasilitas dan Tips

Fasiltas disini masih sangat minim. Namun, disini sudah ada parkir dan kamar mandinya. Jadi Anda bisa berenang dengan santai dan meninggalkan kendaraan Anda dengan aman di tempat penitipan kendaraan. Sebagai tips supaya Anda bisa liburan di Telaga Biru Ngreneng makin menyenangkan dan tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan lupakan hal-hal dibawah ini saat ingin berkunjung ke tempat ini:

  1. Jangan lupa untuk membawa kendaraan beroda dua. Karena disini masih sulit diakses untuk kendaraan roda 4. Namun meskipun begitu, membawa kendaraan roda 4 juga tidak masalah. Justru ini akan membuat Anda semakin nyaman. Apalagi saat ini sudah ada parkir kendaraan. Sehingga, Anda bisa tetap merasa aman ketika membawa kendaraan roda 4. Disamping itu, jangan lupa membawa kendaraan yang prima. Jadi, selalu cek dulu kemampuan mesin dan ban kendaraan sebelum berkunjung ke tempat ini.
  2. Datanglah ketika cuaca sedang cerah. Setidaknya datanglah saat cuaca hari sedang tidak turun hujan. Mengingat sumber mata air ini dasarnya berpasir, maka jangan heran jika di musim hujan warna airnya menjadi keruh.
  3. Selalu persiapkan stamina Anda untuk sampai ke mata air Sri Mulih ini. Karena untuk bisa menikmatinya, Anda harus berjalan kaki dari parkir kendaraan hingga ke lokasi tujuan. Selain itu, selalu jaga tata krama dan kebersihan agar tidak ada yang dirugikan.

 

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng), Anda tidak dikenakan biaya masuk. Entah itu untuk orangnya, ataupun parkirnya. Semuanya gratis untuk Anda. Maka dari itulah, untuk Anda yang sedang mencari cara berhemat untuk berwisata alam, maka Anda bisa mencoba menuju ke Mata Air Srimulih (Tegala Biru Ngreneng) yang satu ini. Dengan begitu, Anda bisa berlibur tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun. Karena, disini semuanya tersedia secara gratis untuk Anda.

74-mata-air-srimulih

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com