Pantai Timang, Pantai Kerat Gantung, Cocok Pecinta Gunung

Bagi pecinta touring atau wisata alam, rasanya belum lengkap bila Anda belum pergi ke pantai Timang. Dimana pantai inilah yang merupakan pantai satu – satunya yang paling menakjubkan dan sangat memacu adrenalin Anda. Bagaimana tidak? Disinilah terdapat kereta gantung yang hanya digerakkan dengan sebuah tali. Tertarik? Simak ulasan berikut ini!

Lokasi Pantai Timang

Pantai Timang ada di Padukuhan Danggolo, tepatnya di desa Purwodadi, di Kec. Tepus, di kab. Gunungkidul, DIY. Sehingga, sayang rasanya bila Anda sudah ke Yogyakarta, tapi belum mengunjungi area pantai Timang yang menakjubkan dan eksotis saat ini.

Rute Menuju ke Pantai Timang

Untuk bisa sampai ke pantai Timang dari kota Jogja, Anda butuh waktu selama 2 jam. Karena memang cukup sulit untuk bisa menemukan lokasinya. Mengingat masih jarang ada papan petunjuk yang memadahi. Lebih tepatnya, berikut ini akan kami sampaikan rute ke pantai Timang, antara lain:

  1. Dari Wonosari, Anda bisa ambil ke pantai Baron.
  2. Dari pertigaan arah Mulo, Anda bisa ke pantai Siung sampai melihat ada pasar Dakbong.
  3. Terus saja sampai melihat pantai Timang, maka Anda sudah sampai di lokasi.

 

Spot Menarik di Pantai Timang

Ada beberapa hal yang bisa Anda temui di pantai Timang ini. Beberapa hal yang cukup menarik minat para wisatawan adalah sebagai berikut ini:

  1. Pantai Timang ini memiliki 2 bagian pantai, yaitu sebelah timur dan barat.
  2. Pantai sebelah timur terdapat pasir putih.
  3. Pantai sebelah barat terdapat batu – batuan yang terjal dan langsung berbatasan dengan lautan.
  4. Terdapat pemandangan yang indah.
  5. Terdapat banyak ikan lobster.
  6. Terdapat kereta gantung yang berupa tali yang telah dihubungkan dari pantai ke area puncak pulau.

Kegiatan Menarik di Pantai Timang

Selain memiliki spot wisata yang lengkap, hal ini diimbangi pula dengan banyaknya kegiatan yang menarik yang bisa dilakukan di pantai timang ini. Berikut ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai timang, antara lain:

  • Memancing Ikan

Untuk Anda yang sebelumnya hobby memancing, kini Anda bisa memancing ikan disini. Selain lokasinya nyaman dan teduh, Anda bisa menjadikannya sebagai spot terbaik untuk berburu ikan sambil bersantai. Memancing ikan disini akan menjadi hal terbaik untuk Anda yang ingin menikmati hasil tangkapan ikan secara langsung yang masih segar.

  • Naik Kereta Gantung

Jika Anda menyukai kegiatan ekstrim, maka Anda harus mencoba naik kereta gantung di pantai ini. Kereta gantung ini disebut juga dengan gondola. Anda bisa menaikinya dari tebing pantai timang ke pulau watu panjang yang ada di sebrang lautan. Alat yang sangat sederhana ini masih menggunakan cara yang manual untuk transportasi utama para nelayan yang ingin berburu lobster di kawasan pulau watu panjang.

Jika nyali Anda cukup berani, Anda bisa meminta nelayan yang ada disana untuk mengantarkan Anda. Tentu saja jumlah uang yang dibayarkan juga tidak murah. Selama beberapa menit, Anda akan duduk di dalam kotak kayu berukuran kecil dan digantungkan pada 9 tali tambang yang besar untuk melintasi lautan yang penuh oleh gemuruh dan gelombang.

Dengan berbekal atrol saja, nelaya nanti akan menarik tambang itu sampai Anda sampai di pulau karang. Di waktu tertentu, ombak bisa menjadi sangat ganas. Bahkan, deburannya dapat mengenai wajah dan tubuh Anda secara langsung. Satu hal lagi yang perlu diketahui bahwa wahana ini belum dilengkapi dengan standar pengamanan tinggi. Sehingga, nyali Anda harus benar-benar tinggi jika ingin mencoba wahana ini.

Karena adrenalin Anda pasti langsung memuncak saat berada di tengah lautan. Sementara itu, Anda bisa melihat deburan ombak di bawah yang sangat dahsyat. Namun meskipun begitu, Anda tidak perlu repot menarik tuas talinya. Cukup pegang kanan dan kiri gondolanya saja, nelayan yang akan menarik tuas talinya dari awal meluncur sampai pulang.

gondola-pantai-timang

  • Berburu Lobster dengan Nelayan

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa di sebrang pantai timang terdapat pulau karang kecil habitat dari para lobster. Maka dari itulah, jika Anda mencari kegiatan apa paling menarik saat berada di pantai ini, jawabannya adalah berburu lobster. Lobster sendiri merupakan seafood bernilai jual tinggi dan mahal. Sehingga, tak heran jika banyak nelayan masih memakai gondola manual ini untuk sampai ke pulau karang atau pulau watu panjang ini.

Jika Anda suka berburu sea food dan memancing, Anda bisa ikut bergabung dengan par anelayan yang ada dan datang ke pulau karang ini. Disinilah Anda dapat menangkap binatang yang kaya dengan protein ini. Setelah berburu, Anda juga bisa meminta para nelayan untuk ikut memasakkan seafood tersebut untuk Anda. Menarik sekali bukan?

  • Menikmati Sunset

Senja dan pantai adalah pasangan abadi yang tak terpisahkan. Disinilah Anda bisa melihat senja yang sedang menyungkup bumi dan semesta yang kemudian berubah senyap dari kawasan bibir pantai. Sehingga, ini bisa langsung mengatasi jiwa yang sedang lelah.  Jadi, salah satu kegiatan menarik disini adalah dapat melihat pegelaran senja.

Cobalah datang di musim kemarau ataupun pada musim pancaroba. Karena disaat itulah langit pasti sedang cerah. Sehingga, Anda bisa melihat mega yang sedang berubah warna dengan indah dan menakjubkan dari tebing pantai timang. Sungguh menakjubkan, bukan?

  • Bersantai

Jika Anda sedang malas gerak, Anda bisa bersantai saja di tempat ini. Matahari yang turun untuk menyapu alam semesta berwarna jingga memang sangat indah. Apalagi saat terlihat di sore hari. Saat itu, cahaya jingga sedang menyelimuti pantai timang lengkap dengan deburan ombaknya yang deras.

Sehingga, setelah Anda mencoba adrenalin Anda dengan naik gondola ini, sebaiknya jangan pulang langsung. Tapi, cobalah duduk saja di atas bukit panjang ini sambil menanti matahari yang tenggelam. Pemandangan disini benar-benar ampuh mengusir semua beban pikiran Anda dan segala kepenatan yang melanda Anda.

  • Mencoba Paket Kuliner Makanan Lobster

Selain bersantai, memancing, berburu lobster, dan naik gondola, Anda juga bisa menikmati paket kuliner lobster yang lezat. Karena disini juga menyediakan paket makan lobster yang nilainya 250 ribu rupiah sampai dengan 350 ribu rupiah. Harga ini termasuk lobster 1 kg plus nasi dan minuman berupa teh hangat, sambal, kerupuk, dan rempeyek.

Sehingga, Anda tak perlu takut akan kelaparan saat singgah di tempat ini. Karena masih ada wisata kuliner yang bisa dicoba saat singgah ke pantai timang ini. Dengan begitu, perut yang kosong tak akan terjadi lagi. Karena sudah ada paket wisata kulinernya juga!

Fasilitas  dan Tiket Masuk

Meskipun tempat wisata disini masih baru, namun ternyata fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Jika untuk memenuhi kebutuhan dasar saja, disini sudah ada. Fasilitas utama yang paling terkenal disini adalah adanya kereta gantung yang semakin laris manis dan disukai oleh para wisatawan yang mampir ke pantai timang.

 

Meskipun naik kereta gantung ini terlihat keren, ternyata biaya sewanya cukup menguras kantong. Harganya yang tinggi ini terbilang wajar. Mengingat cara kerjanya masih manual dan menggunakan tenaga manusia supaya bisa berjalan. Namun Anda bisa tenang. Karena kondisi keretanya dijamin aman.

Kereta gantung ini selalu dicek secara berkala. Sehingga Anda bisa bersantai dan menikmati deburan ombak tanpa takut akan terjatuh. Sedangkan bila Anda ingin berfoto saja di kereta tanpa menyebranginya, Anda hanya perlu membayar biaya foto sebesar 50 ribu rupiah saja. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah tiket untuk menyebrangi pantai timang.

Tiket Penyebrangan Pantai Timang

Dulu awalnya untuk mencoba penyebrangan di pantai Timang itu gratis, namun karena banyaknya wisatawan yang datang, dan semakin mahalnya perawatan peralatan, maka diberlakukanlah tariff untuk penyebrangan. Dimana tarifnya adalah sebagai berikut ini:

Hari Biasa             : Rp 100.000, -/ penyebrangan.

Hari Libur             : Rp 150.000, – sampai Rp 200.000, -/ penyebrangan.

99-pantai-timang

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com