Pantai Baron yang Menakjubkan di Gunung Kidul Jogja

Pantai Baron adalah salah satu wisata alam yang ada di Gunung Kidul di Jogjakarta. Pantai ini memiliki banyak keindahan alam yang tak pernah ada habisnya. bentuk pantai baron ini sendiri merupakan teluk yang diapit bukit hijau yang bagus. Banyak perahu nelayan di pantai ini. Anda bisa berfoto bersama diatas perahu jika suka

pantai-baron-dari-atas

Lokasi dan Sejarah

Terletak di 40 km dari pusat kota Jogja tersebut, tepatnya di Desa Kamadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Anda akan melalui jalan yang berkelak kelok dengan pemandangan yang hijau

Spot Menarik di Pantai Baron

Di pantai ini anda akan menemukan air yang berbeda warna yang mana merupakan pertemuan antara air sungai dan air laut. Hal unik ini belum tentu akan anda temukan di Pantai lain

pertemuan-air-tawar-dan-air-laut-di-pantai-baron

Kegiatan Menarik di Pantai Baron

Dengan berbagai macam sejarah yang unik dan pesona alam yang indah, pantai ini bisa Anda masukkan ke dalam daftar perjalanan berikutnya ketika berkunjung ke kota Yogyakarta. Di bawah ini adalah beberapa hal menarik yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke pantai Baron, antara lain:

  1. Menikmati Pemandangan Pantai yang Menakjubkan

Pantai Baron adalah sebuah teluk yang bentuknya huruf, “U” yang telah diapit perbukitan karang yang berwarna hijau. Meskipun pasir pantainya berwarna kecoklatan, namun air laut pantai disini masih sangat asri dan alami. Karena warnanya biru kehijauan. Jika dilihat secara keseluruhan, pantai ini memiliki pesona yang sangat asri.

Disamping itu, pantai ini juga mempunyai ombak yang tidak sama dengan gugusan pantai yang lainnya yang ada di Gunungkidul. Disinilah nantinya Anda akan diperbolehkan bermain air, sekaligus berenang karena disini ombaknya masih bersahabat. Namun meskipun begitu, Anda masih harus berhati-hati dan tidak boleh sampai melampaui dari garis batas aman.

Karena disini juga sudah disediakan dengan garis batas aman yang harus diperhatikan oleh para pengunjung. Dengan begitu, para pengunjung bisa tetap merasa aman, meskipun ada ombak yang datang. Apalagi ombak untuk setiap area tidak sama. Sehingga, pengunjung tidak diperkenankan untuk melintasinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

wisata-di-pantai-baron

  1. Bisa Berenang di dalam Sungai Bawah Tanah

Satu lagi yang merupakan fenomena alam yang sangat langka di pantai Baron adalah terdapat sungai bawah tanah. Sungai ini punya aliran air yang kemudian menjadi satu dengan air laut. Meskipun begitu, air sungai ini berasa tawar. Namun, disinilah nantinya Anda bisa berenang sesuka hati di sungai yang ada di barat pantai.

Maka dari itulah, jika sebelumnya Anda menyukai kegiatan berenang, maka Anda wajib berkunjung ke pantai Baron. Disinilah Anda bisa dengan beabsnya untuk berekspresi berenang di pantai sambil berfoto ria untuk menikmati keindahan alam yang ada di bawah pantai. Dengan begitu, akan ada kenangan yang tak terlupakan saat berkunjung ke pantai ini.

Tidak sekedar itu saja, di sungai ini ternyata juga memiliki mitos. Dulu katanya jika ada pasangan yang berkunjung di sungai bawah tanah akan bisa dipersatukan meskipun berasal dari status dan golongan yang tidak sama. Tak heran jika banyak sekali para kawula muda yang berkunjung kesini untuk mencoba membuktikan mitos yang ada disana. Menarik sekali, bukan?

  1. Berkemah di Perbukitan Karang

Perbukitan ini letaknya mengapit pantai. Ini bukan hanya sebagai pemanis saja. Namun, disinilah Anda bisa mendirikan kemah dan bermalam bersama dengan para rombongan Anda. Disini juga nantinya Anda bisa menikmati suasana malam yang akan membuat Anda menjadi takjub dengan segala pemandangan langit yang bebas polusi dan juga indah.

Bila Anda ingin mengunjunginya, sebaiknya berhati-hatilah agar tidak terluka oleh karang-karang yang tajam. Karena meskipun pantai ini memiliki perbukitan yang indah lengkap dengan pemandangannya, namun tetap saja Anda tidak boleh asal. karena jika tidak berhati-hati, bisa saja karang tajam akan melukai kaki Anda atau bahkan tubuh Anda yang lain.

  1. Memancing Ikan

Disinilah Anda bisa memancing dari atas bukit. Seperti yang diketahui, bahwa pantai Baron itu dari dulu terkenal baik dengan habitat ikan predatornya yang hidup di permukaan air. Ikan-ikan itu adalah, ikan kuwe gerong, ikan tenggiri, dan juga ikan barakuda. Selain itu, ada juga beberapa ikan yang hidup di karang batuan, seperti ikan kerapu dan ikan kakap merah.

Maka dari itulah, jangan pernah remehkan hasil tangkapan nelayan dari pantai Baron. Karena ikan-ikannya sangat banyak dan bervariasi. Anda bisa membeli beberapa ikan tersebut sebagai oleh-oleh terbaik ketika berkunjung ke pantai Baron.  Dengan begitu, tak hanya Anda dan keluarga saja yang bisa menikmati hasil tangkapan ikan di pantai Baron. Tapi orang-orang yang tidak ikut hadir juga bisa menikmatinya, karena Anda bisa membeli ikan hasil tangkapan disini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jika Anda suka memancing, Anda bisa mencari keberuntungan Anda di kampung nelayan ini. Hanya saja, supaya Anda bisa sampai ke tempat ini, Anda harus berjalan hingga sejauh 15 menit supaya bisa sampai ke perbukitan setinggi 20 m. Supaya kegiatan memancing Anda bisa berhasil, cobalah memakai senar dan juga mata kail agar bisa berhasil. Sementara itu untuk umpannya sendiri Anda bisa mendapatkannya di area pantai Baron.

  1. Bisa Selfie di Puncak Baron Hill

Jika Anda suka selfie, sebaiknya jangan sampai lupa berkunjung ke puncak selfie yang ada di Baron Hill. Anda bisa menemukannya dengan cara berjalan ke utara mercusuar. Disinilah Anda bisa menikmati banyak spot yang unik untuk difoto. Misalnya saja, seperti papan yang berbentuk sayap, hati, dll. Ini adalah salah satu spot paling menarik ketika berkunjung ke pantai Baron.  Bagi pecinta selfie, Anda wajib datang ke tempat ini.

  1. Bisa Menikmati Hidangan Laut di Area Pinggir Pantai

Disinilah Anda bisa menikmati aneka hidangan laut yang ada di pesisir pantai. Terdapat banyak sekali warung kuliner yang menghadirkan hidangan seafood, dari kepiting, ikan bakar, dan udang. Ada juga hasil laut dari khas pantai Baron, seperti ikan kakap, ikan windu, ikan tongkol, dan juga ikan bawal putih. Ini adalah salah satu spot menarik yang harus didatangi ketika singgah ke pantai Baron. karena Anda bisa menikmati berbagai macam hidangan sea food yang disediakan disana.

Fasilitas

Selain aksesnya yang mudah, pantai inipun juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap, yang meliputi sebagai berikut ini:

  1. Terdapat hotel yang sangat dekat dengan area wisata. Sehingga, Anda bisa beristirahat penuh disini.
  2. Terdapat restoran dan aneka kuliner yang murah dan banyak pilihannya.
  3. Terdapat camping ground.
  4. Ada pula tempat untuk pemancingan ikan.
  5. Terdapat penyewaan perahu bermesin, untuk para pengunjung yang ingin mencoba menjelajahi pantai Baron ini.
  6. Terdapat berbagai macam olahan makanan laut yang tentunya lezat untuk disantap.
  7. Terdapat lelangan ikan, seperti ikan bawal putih, ikan tongkol, udang windu, dan udang besar dengan harga yang terjangkau.
Cara Menuju ke Pantai Baron

Untuk menuju pantai ini, bila Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memulai perjalanan Anda yang dimulai dari stasun Tugu. Setelah itu, Anda bisa naik bus Trans Jogja dengan jurusan 1A. bila Anda sudah sampai ke bandara Adi Sucipto, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda dengan naik bus Trans Jogja ke jalur 3B. dari sinilah nanti Anda akan diantar ke terminal Giwangan. Bila sudah sampai disana, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda dengan mini bus dari Yogyakarta ke Wonosari.

Anda akan membutuhkan waktu selama 1 sampai dengan 2 jam untuk sampai kesana. Bila nanti Anda sudah sampai ke Wonosari, maka Anda bisa melanjutkannya menggunakan mini bus ke jurusan pantai Baron.  Namun, bila Anda ingin memakai kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan bantuan Google Map.

Cara paling praktis anda dapat menggunakan jasa rental mobil yang kami sediakan. Sopir kami sudah sering mengantar tamu ke pantai baron, jadi perjalanan anda akan cepat dan efisien

Tiket Masuk

Di bawah ini adalah harga tarif masuk di Pantai Baron:

Dewasa atau anak-anak   : Rp 10.000, -/ orang.
Parkir Motor                      : Rp 2.000, –
Parkir Mobil                       : Rp 5.000, –

keindahan-pantai-baron-jogja

 

 

 

 

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com