Green Village Gedangsari, Pariwisata Alam di Jogja yang TOP Banget!

Penasaran dengan seperti apakah penampakan dari tempat wisata Green Village Gedangsari yang satu ini? Berikut ini adalah beberapa tempat pariwisata yang ada di kota Jogja yang paling menakjubkan, karena lokasinya selain rindang juga sangat menyejukkan mata, dibandingkan dengan yang lainnya. Berikut ini ulasannya!

Green-Village-Gedangsari

Lokasi dan Sejarah

Tempat wisata yang satu ini lokasinya ada di Guyangan Lor, tepatnya di Mertelu, di Gedangsari, di Gunung Kidul, dan di Yogyakarta.

Tempat ini sebenarnya dulunya dikembangkan penduduk lokal yang mana sebagian besarnya adalah seorang petani. Mereka kemudian membangun tempat ini atas dukungan pemerintah dalam sebuah program khusus, bernama MP3KI. Program ini dibuat secara khusus untuk membantu para warga miskin dalam memperbaiki kondisi keuangannya.

Pembangunan tempat wisata ini menghabiskan kurang lebih sebanyak 2 Miliar rupiah. Itupun sudah termasuk pembangunan akses dan pencahayaan di Green Village. Disamping itu, ada juga beberapa fasilitas yang telah dibangun di kawasan ini. Tak heran bila tempat ini menadi lebih dapi dan lengkap dengan segala macam fasilitasnya.

Mengunjungi-Green-Village-Gedangsari

 

Spot Menarik di Green Village Gedangsari

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Green Village Gedangsari ini. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini, meliputi:

  1. Bisa menikmati jalanan berpagar besi. Dimana disitu terdapat pula sebuah jalan yang menghubungkan antara satu gazebo dengan gazebo yang lainnya. Sehingga, saat Anda lelah untuk menyusuri jalanan tempat wisata yang satu ini, kini Anda bisa dengan mudahnya beristirahat di tempat tersebut tanpa ada biaya tambahan sepersen pun.
  2. Anda bisa menikmati terbenamnya matahari dari Green Village Gedangsari tersebut.
  3. Disini terdapat tempat untuk kegiatan flying fox paling panjang di Asia Tenggara. Dimana panjang lintasannya mencapai 625 meter.
  4. Disinilah terdapat desa wisata yang menakjubkan. Karena Anda bisa berwisata sambil menikmati keindahan desa wisatanya.
  5. Disini terdapat kebun buah milik para warga setempat yang mana hasil panennya dapat dibeli hasil panenannya oleh semua orang yang singgah ke tempat ini. Tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.
  6. Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan wisata Green Village lebih lama lagi, Anda bisa menyewa homestay milik rumah penduduk dengan tarif yang bervariasi. Yaitu sebesar Rp 50.000, – sampai dengan Rp 150.000, – per malam.
  7. Disinilah terdapat desa kerajinan bambu, dimana Anda bisa mencoba belajar menganyam bambu untuk dijadikan sebagai souvernir.
  8. Disinilah terdapat beberapa spot foto yang menarik agar Anda bisa melihat pemandangannya di atas bukit. Disamping itu, Anda juga dapat melihat Embung Sriten dari puncak bukitnya.

Kegiatan Menarik di Green Village Gedangsari

Dengan banyaknya spot yang menarik di tempat ini, hal ini membuat tempat ini bisa digunakan untuk melakukan banyak kegiatan yang menarik. Di bawah ini adalah contoh kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, antara lain:

  1. Menikmati Keindahan Alam

Karena tempatnya berbatasan dengan Klaten secara langsung, sehingga dari Green Village Gedangsari inilah Anda bisa melihat keindahan pemandangan alam yang ada di Kab. Klaten dari puncak ketinggiannya. Anda bisa melihat keindahannya di malam hari, khususnya ketika lampu kota sedang menyinari kawasan ini sehingga membuatnya terlihat seperti bintang di atas bumi.

Di siang hari, Anda bisa melihat pegunungan Sewu yang terlihat begitu mempesona. Tak jarang pula bila para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini berkata bahwa pemandangannya mirip sekali dengan pemandangan yang ada di wisata luar negeri. Sehingga, hal ini membuat orang-orang ingin selalu berkunjung ke tempat ini.

  1. Mendaki Puncak Green Village

Kharakteristik tempat ini sebenarnya hampir sama seperti Puncak Suroloyo yang ada di Kulon Progo. Untuk bisa sampai ke puncaknya, Anda bisa mendaki gunungnya dengan mudah tanpa susah payah. Karena disini sudah disediakan dengan tangga. Ada lagi jalan setapak yang sengaja dibuat melingkar di kawasan ini untuk membuat para pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan yang berasal dari berbagai sudut yang berbeda.

  1. Bersantai di Gazebo

Di bagian puncaknya sendiri sudah banyak gazebo yang bisa dipakai untuk beristirahat dan bisa juga digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Umumnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini di malam hari dan di sore hari. Karena di jam tersebut selain tidak begitu panas, pemandangan sunsetnya juga menakjubkan. Apalagi kerlap kerlip dari lampu kota membuat keindahannya makin mempesona saat dilihat dari puncak Green Village Gedangsari.

  1. Bermain Flying Fox

Setelah puas menyaksikan keindahan pemandangan alam yang ada di Green Vilalge, Anda bisa mencoba melakukan kegiatan seru yang lainnya. Yaitu bermain flying fox. Bahkan, hanya di tempat inilah Anda bisa merasakan serunya tidak sekedar bermain flying fox biasa, namun disini Anda bisa menikmati kegiatan flying fox paling panjang nomor 2 di Asia Tenggara.

Mau tahu alasannya?

Karena flying fox disini mempunyai panjang berukuran hingga 625 meter. Dengan panjang yang berukuran 625 meter inilah membuat flying fox disini bisa dijadikan sebagai salah satu daya tarik terbaik para wisatawan yang ingin datang ke tempat Green Village Gedangsari ini. Namun jangan takut, karena flying fox disini benar-benar aman.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pengelola, teknologi yang diterapkan pada flying fox disini sudah menggunakan teknologi yang dipakai di Prancis. Sedangkan talinya diambil secara langsung dari Inggris. Apalagi disini ternyata sudah dipasang dengan penangkal petir, sehingga hal ini membuat keamanannya benar-benar terjamin saat cuaca sedang kurang mendukung.

  1. Berbelanja Buah Tangan

Selain bisa menikmati keindahan alam dan panoramanya yang begitu menakjubkan di tempat ini, Anda juga bisa berbelanja buah tangan dengan mudah. Karena disini ada banyak pengrajin buah tangan yang menjual berbagai macam hasil kerajinan untuk para pengunjung yang datang. Dengan begitu, Anda tak perlu jauh-jauh mencari oleh-oleh di tempat lain. Buah tangan yang bisa dibeli disini ada berbagai macam hiasan aksesoris, kerajinan, dan ada juga makanan khas dari Gunung Kidul yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Berfoto Ria

Salah satu kegiata liburan paling menyenangkan yang bisa dilakukan saat berlibur ke Green Village Gunungkidul adalah berfoto ria. Karena di sepanjang jalan setapak menghiasai gerbang pintu masuk sampai dengan di lokasi puncaknya. Sehingga, tak heran bila akan ada banyak pengunjung yang berfoto di sepanjang jalan.

Hal ini dikarenakan pesona alamnya benar-benar masih sangat asri. Hal ini membuatnya selalu cocok bila dijadikan sebagai background untuk berswafoto bersama dengan teman-teman, keluarga, dan pasangan. Tentu saja ini membuat banyak pengunjung belum lengkap jika belum membawa tongkat selfie. Bahkan, ternyata ada juga yang membawa pesawat frone untuk merekam keseruan dan keindahan alam yang dihadirkan di kawasan ini dengan kamera. Disinilah Anda bisa hunting sunset, bermain flying fox, hunting foto, bersantai, back packeran, dll.

 

Fasilitas

1.    Warung makan
2.    Gazebo .
3.    Parkir yang luas.
4.    Toilet.
5.    Tempat parkir.
6.    Mushola.
7.    Flying Fox.
8.    Gazebo.
9.    Spot foto, dll.

 

Tiket Masuk, Rute dan Jam Buka

Sebenarnya untuk bisa menikmati keindahan alam dari Green Village Gedangsari ini adalah gratis. Sehingga, tempat wisata ini cocok sekali untuk Anda yang suka dengan penghematan saat sedang melakukan wisata alam. Hanya saja Anda masih dikenakan biaya untuk parkir kendaraan, sebesar berikut ini:

Parkir Motor      : Rp 3.000, -/ motor.

Parkir Mobil        : Rp 5.000, -/ mobil.

Rute Menuju ke Tempat Wisata Green Village Gedangsari

Untuk bisa sampai ke tempat wisata yang saatu ini, Anda bisa menggunakan 2 rute perjalanan untuk bisa sampai ke Green Village Gedangsari tersebut. Dimana untuk 2 rute perjalannya tersebut meliputi sebagai berikut ini:

  1. Rute pertama, Anda bisa menggunakan jalan utama dari kota Yogyakarta menuju ke Wonosari.
  2. Rute kedua, Anda bisa menggunakan jalan dari kota Klaten ke tempat wisata.

Jam Buka di Wisata Green Village Gedangsari

Jam bukanya setiap hari, dari jam 6 pagi sampai dengan jam 5 sore. Yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke tempat ini adalah, jangan lupa untuk memastikan agar baterai handphone dan kamera sedang penuh. Sehingga, Anda bisa menikmati keindahan alam di tempat ini.

Selain itu, sebaiknya jangan lupa juga untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Tidak disarankan untuk memakai highheels karena kondisi jalannya terjal dan banyak bebatuan. Ini bisa membuat Anda terpeleset.  Untuk kendaraan yang dibawa sendiri juga sebaiknya harus dalam kondisi fit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com