Beranikah Anda Menjelajahi Goa Jomblang ? Lihat Foto Ini

Beranikah anda mencoba tantangan ini ? Salah satu tempat petualangan di Yogyakarta adalah kegiatan caving (jenis kegiatan di luar ruangan dengan tujuan utama adalah untuk eksplorasi gua) di Gua Jomblang (Goa Jomblang). Gua Jomblang merupakan gua vertikalyang terbentuk oleh proses geologi tanah yang menghilang serta vegetasi yang ada di atas ke dalam bumi yang terjadi ribuan tahun yang lalu.

Lokasi dan Sejarah Goa Jomblang

Terletak di di Gunung Kidul, Jetis Wetan Hamlet, Pacarejo  , Semanu, Wonosari. Gua Jomblang (Goa Jomblang) memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Yang seperti memasuki sebuah sumur raksasa dengan diameter sekitar 50 meter dan bagian dalam sekitar 75 meter. Berikut dibutuhkan keberanian karena untuk masuk gua harus mampu menggunakan teknik tali tunggal (SRT). Untuk para wisatawan dan cavers, di sini diperlukan untuk menggunakan khusus satu set peralatan SRT, yang terdiri dari harness kursi, harness dada, ascender, descender auto, kaki lingkaran, dan banyak lagi. Untuk melengkapi baju yang ada, sepatu bot, dan headlamp.pintu-masuk-goa-jomblang

Berbicara tentang sejarahnya sendiri, Goa Jomblang adalah goa yang bentuknya vertikal. Itu karena permukaan tanahnya telah runtuh. Namun, runtuhnya tanah di tempat tersebut tidak menjadikan tanaman yang tumbuh diatasnya hancur. Justru tanaman tersebut kemudian tumbuh dengan sempurna  dan membentuk sebuah hutandi kawasan Goa Jomblang. Hutan inilah kemudian disebut juga dengan sebutan hutan purba.

goa-jomblang

Spot Menarik di Goa Jomblang

Ada banyak spot menarik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Goa Jomblang. Di bawah ini adalah beberapa spot menarik yang bisa ditemukan di Goa Jomblang, antara lain:

wisata-ke-goa-jomblang

goa-jomblang-grubug

  • Goa yang Indah dan Dalam
    Untuk yang belum pernah berkunjung memasuki goa, maka jangan takut. Karena di tempat ini juga tersedia operator cave Kalisuci yang akan membantu Anda untuk menurunkan Anda ke goa. Sehingga, Anda bisa menikmati keindahan goa yang ada didalamnya. Anda akan didampingi pihak penelusur goa yang berpengalaman.Bahkan, ada beberapa persiapan yang akan disiapkan sebelum akhirnya menuruni ke dalam goa. Yaitu, ada helm, sepatu boot, dan juga head lamp. Ada juga pemandu yang siap memasangkan SRT set ke tubuh. Sehingga, penelurusan Anda ke dalam goa menjadi lebih aman. Setelah Anda sudah siap dan berada di bibir goa, maka Anda akan dipasangkan dengan tali dan bisa langsung turun ke bawah berdua bersama pihak penelurusnya. Saat perjalanan turun ke dalam goa inilah Anda bisa merasakan sensasi yang benar-benar mendebarkan. Karena ternyata kedalamannya bisa mencapai 60 meter. Akan tetapi setelah turun ke goa beberapa meter, rasa yang mulanya takut akan menjadi menyenangkan. Bahkan bisa sampai tidak sabar untuk sampai ke dasar goa.
  • Perbukitan Karst dan Pohon Jati
    Sampai di pertengahan area dinding goa, disitulah Anda bisa melihat perbukitan karst dan juga pohon jati yang menarik. Sementara setelah sampai di perut goa, Anda bisa melihat hamparan pemandangan hutan yang hijau dan berbeda sekali dengan kondisi di atasnya. Karena kondisi di atasnya justru disebut dengan hutan purba.
  • Jalan Setapak Turun yang Curam
    Sampai di mulut goa, Anda akan merasakan nuansa yang panas dan pengap. Namun justru disitulah letak sensasinya. Karena Anda bisa menelusuri jalanan setapak turun yang sangat curam. Selain itu, Anda juga akan melihat banyaknya tumbuhan yang tumbuh menjuntaitinggi. Beruntungnya, disini ada tali tambang yang bisa dipakai untuk berpegangan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot terbaik untuk berlibur.
  • Ada Mulut Goa yang Besar
    Sesampainya di mulut goa, ada lagi spot yang sangat menarik di tempat ini. Yaitu Anda bisa memasuki mulut goa yang ukurannya besar. Spot ini akan mengantarkan Anda ke Luweng Grubung dengan lorong sepanjang 300 m. Makin jauh berjalan menuju ke dalamnya, cahaya dan sinar matahari makin sirna. Sehingga, suasana pun semakin gelap.Namun justru saat berada di mulut goa inilah Anda bisa melihat berbagai macam ornamen yang cantik. Semua ornamen tersebut siap menghiasi lorong dan bisa Anda lihat dengan senter dan penerangan yang dibantu oleh guide penelusur goa.
  • Dinding Berbentuk Lorong Goa
    Spot lainnya yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Goa Jomblang adalah, dimana Anda bisa melihat dinding yang berbentuk lorong goa. Disinilah Anda akan melihat berbagai macam batu kristal, stalagmit, dan stalaktit yang indah. Dari spot ini juga Anda akan mendengar suara gemuruh dari aliran sungai dan juga seberkas cahaya terang yang siap menerangi di tengah kegelapan.

    goa-jomblang-2

Kegiatan Menarik di Goa Jomblang

Jika Anda sudah datang ke Goa Jomblang, jangan lupa untuk melakukan kegiatan menarik seperti di bawah ini:

  • Kegiatan Menyusuri Goa Jomblang
    Sebelum turun ke tebing, pemandu akan menjelaskan tentang sedikit Gua Jomblang (Goa Jomblang) dan aturan-aturan yang harus ditaati oleh cavers untuk keselamatan. Ada tiga jalur yang bisa dilalui, yang VIP dengan kedalaman 15 meter, standar dengan kedalaman 60 meter dan kedalaman ekstrim 80 meter. Untuk pemula, biasanya menggunakan jalur VIP, meskipun bisa juga melalui di jalan standar. Dalam jalur standar ini, caver akan melihat di hutan kuno di gua. Hutan ini adalah yang membedakan dari Gua Jomblang dengan gua-gua lainnya, obyek wisata ini di sini juga disebut ekowisata.
  • Rapeling dan Single Rope Tehnique
    Salah satu kegiatan yang unik ketika berkunjung ke Goa Jomblang adalah rapeling. Karena satu-satunya jalan yang dapat ditempuh ketika memasuki area goa ini adalah dengan rapeling. Lewat jalur VIV, Anda harus melakukan rapeling supaya bisa memasukinya. Rapeling adalah kegiatan turun dengan cara vertikal memakai tali.
    Namun meskipun begitu, jangan khawatir dengan keamanannya. Akan ada pihak operator profesional yang siap membantu Anda untuk menjamin keselamatan Anda. karena saat Anda melakukan rapeling, Anda akan didukung juga dengan bantuan peralatan yang kuat. Sehingga, Anda bisa masuk dan keluar meninggalkan goa dengan mudah.|
    Siapapun orangnya, setiap wisatawan nanti akan melintasi jalan yang sama. Hanya saja yang dilakukan untuk menelusurinya menggunakan cara single rope technique atau SRT. Anda akan menuruni goa dengan bantuan seutas tali. Sementara itu, bila jumlah wisatawannya ada banyak, maka pihak operator nanti akan memakai teknik haulung agar dapat menarik beberapa orang untuk sampai ke atas goa.
  • Melihat Tumbuhan Purba
    Kegiatan menarik lainnya ketika singgah ke Goa Jomblang adalah bisa melihat tumbuhan purbakala. Tumbuhan ini sangat subur di kawasan dinding goa jomblang. Sehingga, dengan melihatnya saja, Anda bisa merasa lebih fresh dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.
  • Kegiatan Fotografi
    Jika berkunjung ke tempat ini rasanya belum lengkap jika belum melakukan kegiatan fotografi. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Bahwa ada banyak spot menarik yang bisa Anda nikmati ketika singgah disini. Sehingga, Anda bisa menjadikan beberapa spot tersebut sebagai spot terbaik untuk mengabadikan moment dengan cara memotretnya.
    Anda bisa berfoto tepat di atas stalagmit yang telah berdiri kokoh di dasar goa grubuk. Belum lagi masih ada cahaya surya yang akan jatuh dari atas stalagmite. Sehingga, hal ini membuat hasil jepretan fotonya semakin fenomenal. Selain itu, proses naik dan turun dari mulut goa juga bisa dijadikan sebagai moment terbaik untuk diabadikan dengan cara difoto.
  • Berpetualang Menyusuri Lorong
    Hanya di goa inilah Anda nanti bisa berpetualang untuk menyusuri kawasan lorong yang akan menghubungkan Goa Jomblang dengan goa grubuk. Bila Anda ingin sampai ke goa grubuk, maka Anda harus jalan kaki. Lorong ini nanti akan disusun dengan batu sepanjang 300 meter yang lengkap dengan hiasan stalaktit, stalagmit, dan kristal. Sehingga, Anda tidak akan pernah merasa bosan.

Fasilitas dan Tiket Masuk Goa Jomblang

Fasilitas yang tersedia di Goa Jomblang ini cukup lengkap. Ada tempat parkir, toilet, dan resort. Bahkan, ada juga rumah kepala Dukuh yang bisa dijadikan sebagai tempat penitipan barang. Tak hanya itu saja, Kepala Dukuh juga memberikan izin kepada para wisatawan yang ingin mandi di rumahnya sesudah caving.

Waktu Kunjungan : Sangat dianjurkan datang ke goa ini pukul 10.00 sampai 12.00 siang sehingga cahaya matahari akan terbentuk sempurna menerobos masuk dari mulut Goa. Sinar matahari akan siap untuk menyusup ke goa lewat lubang-lubang yang ada. Keindahan alam inilah yang kemudian disebut juga dengan sebutan cahaya surya.

Tiket Masuk : Harga tiket masuk ke gua ini 450.000 termasuk pemandu dan peralatan menjelajahi gua

pintu-masuk-goa-jomblang

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com