Gerbang Istana Senja di Istana Ratu Boko

Saat melihat Istana Ratu Boko untuk pertama kalinya, Anda akan melihat adanya sebuah gabura batu yang megah dan terlihat sangat menawan saat sinar matahari sore mulai memantulkan sinarnya di sela-sela bangunannya. Dari sinilah gapura yang sudah ada dari 792 ini bisa menjadi siluet di antara sinar matahari yang mulai redup.

Lokasi dan Sejarah

Letak Istana Ratu Boko ini ada di tepi jalan raya Prambanan, di Piyungan. Untuk lokasi tepatnya ada di Jl Solo Km 17, desa Bokoharjo, di Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Jogja.

Dulu, Istana Ratu Boko ini adalah sebuah kompleks istana yang sudah ada dari masa pemerintahan Rakai Panangkaran. yaitu garis keturunan dari Wangsa Syailendra dari tahun 792 M. Kompleks istana ini disebut juga dengan Abhyagiri Vihara yang artinya adalah biara yang berada di bukit yang penuh dengan kedamaian.

Spot Menarik di Istana Ratu Boko

Di bawah ini adalah beberapa spot menarik yang bisa dinikmati ketika berada di Istana Ratu Boko, antara lain:

  1. Adanya Miniatur Candi, Yoni, Dll

Dulu, istana ini adalah tempat untuk menyepi dan melakukan kegiatan spiritual untuk agama Budha. namun, di tahun 856 M, kemudian kompleks istana sebesar 250.000 m3 ini menjadi keraton oleh Rakai Walanging Pu Khumbayoni yang agamanya Hindu. Karena itulah, kompleks wisata ini menjadi kental sekali dengan kombinasi agama Hindu dan Budha.

Anda bisa melihat spot yang satu ini. Dimana didalamnya ada yoni, 3 miniatur candi, arca Ganesha, Durga, dan ada juga lempengan emas dan juga perak yang bertuliskan sebuah mantera untuk agama Hindu Om Rudra ya namah Swaha. Sementara untuk sentuhan Budha bisa terlihat dari arca Budha, reruntuhan stupa, beserta stupika.

2.Terdiri atas 4 Spot Bagian Istana yang Menarik

Di dalam Istana Ratu Boko ini memiliki 4 bagian yang sangat menarik. Yaitu, bagian barat, timur, tenggara, dan tengah. Di bagian tengah ada gapura utama, candi pembakaran, lapangan, kolam, paseban, dan juga batu berumpak. Di bagian tenggara ada batur pendopo, gapura, batu pringgitan, reruntuhan, dan komplkeks kolam.

Ada juga pahatan dari lingga yoni yang terlihat dari dasar kolam. Kemudian, ada juga kolam dan stupa Budha, beserta kompleks goa yang dinamakan sebagai Goa Lanang dan juga Goa Wadon di sebelah timur.

Selanjutnya, dibagian barat ada perbukitan yang mempunyai 3 teras. Setiap terasnya ada pagar batu andesit setinggi 3,5 meter dan juga tebing teras yang telah diperkuat dengan tumpukan dari batu andesit. Untuk batas utaranya ada pahatan dinding perbukitan yang menakjubkan.

  1. Dua Gapura yang Menjulang Tinggi

Saat sampai pada spot gerbang pintu istana, Anda akan melihat 2 gapura yang sangat menjulang tinggi. Sehingga, ini bisa menjadi spot paling menarik pada pemandangan awal Istana Ratu Boko ini. Gapura pertama ini terdiri atas 3 pintu, sedangkan gapura yang kedua ada 5 pintu.

  1. Bangunan Candi dari Batu Putih

Setelah itu, Anda juga bisa melihat spot bangunan candi yang menarik yang berasal dari batu putih. Sehingga, bagian ini disebut juga dengan Candi Batu Putih. Selain itu, ada juga candi yang berbentuk bujur sangkar berukuran ( 26 x 26 ) meter, lengkap dengan 2 terasnya. Dulu, bagian ini dijadikan sebagai tempat unutk pembakaran jenazah. Maka dari itulah, tempat ini dinamakan sebagai Candi pembakaran.

  1. Ada Sumur Air Suci

Di kawasan Istana Ratu Boko ini juga ada sumur air suci yang ada mantranya. Sumur ini dinamakan sebagai Amerta Mantana. Letaknya ada di tenggara candi pembakaran. Berdasarkan warga setempat, air sumur ini membawa keberuntungan. Maka dari itulah, spot ini tak pernah terlewatkan oleh para pengunjung yang datang. Bahkan, disini kerap dijadikan sebagai tempat untuk ritual upacara tawur agung pada 1 hari sebelum hari Nyepi.

  1. Restoran Terbuka

Selain ada sisa-sisa reruntuhan, disini juga ada Adriwarna Cafe. Ini adalah salah satu spot menarik untuk dinikmati ketika berkunjung ke Istana Ratu Boko. Dengan restoran yang terbuka inilah Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan di sekitar lengkap dengan lampu sorotnya yang berwarna-warni.

Kegiatan Menarik di Istana Ratu Boko

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Istana Ratu Boko, antara lain:

  1. Melihat Sunset

Ini adalah salah satu kegiatan paling menarik di Istana Ratu Boko. Dimana Anda bisa menikmati senja yang mempesona. Anda bisa merasakan pemandangan senja yang mempesona dan berbeda sensasinya dengan melihat sunset dari gunung dan laut. Anda bisa melihat senja sambil duduk dari hamparan rerumputan hijau atau dengan cara berdiri dari pintu gerbang.

  1. Hunting Foto

Meskipun hanya ada reruntuhan saja, namun kawasan Istana Ratu Boko ini sangat fotogenic. Nyaris semua bagiannya benar-benar klasik dan indah. Sehingga, Anda bisa melakukan hunting foto dengan hasil jepretan yang menakjubkan dengan cara membuat foto hitam putih. Bahkan, karena keunikannya itulah membuat tempat ini sering dijadikan sebagai sesi foto untuk kegiatan pre-wedding.

  1. Membuat Video Timelapse

Jika Andaadalah seorang youtubers, maka tempat ini bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk membuat video timelapse. Anda bisa mengabadikan perubahan dari warna langit yang dimulai dari awan putih hingga tenggelam dan menjadi berubah warna. Bila Anda mau bersabar, And abisa membidik area pedesaan di kaki gunung merapi dari Istana Ratu Boko.

  1. Mempelajari Sejarah Hindu dan Budha

Jika Anda menyukai sejarah dan bangunan bersejarah, maka Anda bisa mempelajari sejarah hindu dan budha di Istana Ratu Boko. Anda bisa mempelajari sejarahnya, dimana dulunya tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk beribadah umat Hindu Budha di tanah jawa. Dengan campuran 2 agama inilah kemudian menjadi daya tarik tersendiri dari Istana Ratu Boko ini.

  1. Melihat Pertunjukan Sendratari Sumunaring Abhyagiri

Ini adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Istana Ratu Boko. Dimana Anda bisa melihat sebuah pertunjukan sendratari yang menakjubkan, tentnag kisah keluarga kerajaan dan juga interaksinya bersama warga lokal di Boko. Tariannya nanti akan dilakukan ratusan penari. Sehingga, hal ini membuat pagelaran ini makin menakjubkan.

Fasilitas

Fasilitasnya cukup lengkap. Ada mushola, restaurant, gazebo, toko souvernir, papan informasi, toilet, dan juga tempat parkir.

Tiket Masuk

Jam buka Istana Ratu Boko ini adalah setiap hari dari jam 6 pagi sampai dengan jam 5 sore. Untuk biaya tiket masuknya bervariasi. Untuk wisatawan domestik yang sudah dewasa, biaya tiket masuknya adalah Rp 25.000, -. Sedangkan biaya tiket masuk anak-anak domestik adalah Rp 10.000, -. Selanjutnya untuk biaya tiket masuk wisatawan asing adalah sebesar 13 USD,dan tiket untuk sunset adalah sebesar Rp 100.000, -.

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com