Mengunjungi Centra Industri Gerabah Kasongan

Tempat ini merupakan tempat paling favorit di Jogja bagi penyuka gerabah. Kasongan adalah desa wisata yang langsung memproduksi berbagai gerabah dengan mutu internasional. Gerabah atau pot kasongan sudah diexport ke berbagai negara. Daerah ini menghasilkan berbagai pot/gerabah cantik yang bisa digunakan untuk menghias rumah anda.

kasongan-man-making-statue

Lokasi Kasongan

Desa wisata Kasongan ini berlokasi di pedukuhan Kajen, di Desa Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, di Yogyakarta. Bila Anda berangkat dari Yogyakarta, maka untuk bisa sampai kesana, anda bisa menuju ke arah selatan sampai melihat ada perempatan Dongkelan. Selanjutnya, ambil arah ke selatan lewat jalan Bantul tersebut. Pintu masuk Kasongan ditandai sebuah gapura besar yang unik . Setelah memasukinya , kanan kiri jalan Kasongan akan penuh dengan gerabah. Anda dapat berhenti memilih yang anda suka dengan harga yang bervariasi. Anda bisa ke kasongan menggunakan rental mobil yang murah di Jogja agar cepat sampai.

lady-making-creamic-kasongan

Sejarah Desa Kasongan

Sejarah desa wisata ini bermula dari adanya kematian seekor kuda. Kuda itu adalah milik Reserse Belanda yang berada di atas persawahan seorang warga di desa selatan Yogyakarta. Karena pemilik tanah tersebut takut dijatuhi hukuman pemilik kuda, karena pada saat itu Belanda sedang menjajah di kawasan Yogyakarta. Akhirnya, pemilik tanah rela melepaskan hak kepemilikan tanah dan diikuti juga dengan warga yang lain yang takut dengan hukuman tersebut.

Dari sinilah kemudian beberapa tanah persawahan itu pada akhirnya diakui warga desa yang lain. Penduduk yang mulanya tidak punya tanah persawahan, kemudian mereka akhirnya memulai mencari kegiatan baru di area rumahnya. Yaitu, mereka mencoba mengolah tanah liat agar tidak pecah saat dijadikan sebagai perlengkapan dapur, ataupun dibuat sebuah mainan.

kasongan-pottery-industry

Seiring dengan berjalannya waktu, kemudian barang-barang kerajinan yang berasal dari tanah liat ataupun kerajinan gerabah dan tembikar ini mulai dikembangkan menjadi barang kerajinan yang lebih bervariasi, sesuai dengan yang diinginkan orang-orang. Yang membuatnya lebih menarik lagi adalah, barang kerajinan yang ada di Kasongan ini ternyata bukan cuma barang yang berasal dari gerabah atau tanah liat saja, namun sekarang ini banyak warga mulai menggunakan beberapa bahan yang lain di lingkungan sekitarnya.

Misalnya saja, seperti batok kelapa, rotan, bambu, kayu, dll yang bisa diolah menjadi hiasan yang bernilai tinggi. Kemudian, keahlian para pembuat gerabah ini diwariskan secara turun-temurun sampai dijadikan sebagai desa Kasongan untuk ikon desa wisata gerabah yang ada di Kab. Bantul.
pot-kasongan

Spot Menarik di Obyek Centra Industri Gerabah Kasongan

Desa wisata Kasongan ini adalah sebuah daerah pemukiman dari pada buyung, kundi, dan gundi. Itu artinya desa ini merupakan kawasan pemukiman dari orang-orang yang membuat barang-barang, seperti buyung, kuali, gendi, dll yang termasuk peralatan dapur. Disinilah beberapa barang hiasan juga dibuat dari tanah liat dan tembikar.

Jadi, mau tahu mengapa industri gerabah kasongan sangat terkenal? Sampai pada saat ini, desa Kasongan telah menjadi salah satu tujuan wisata ketika datang ke Yogyakarta. Tempat ini begitu diminati semua orang karena memiliki beberapa spot menarik sehingga banyak yang menjadikan kasongan sebagai bagian dari paket wisata jogja . Hal hal menarik di kasongan yaitu :

  1. Ada deretan show room atau beberapa rumah galeri yang menawarkan berbagai macam barang kerajinan yang berasal dari gerabah dan juga dari bahan yang lainnya, seperti pot, guci, lampu hias, bunga, miniatur, aneka tas, miniatur alat transportasi seperti sepeda, becak, dan mobil, patung, souvernir untuk pengantin, dll yang bisa dipajang di rumah.
  2. Terdapat patung legendaris di Desa Kasongan. Yaitu, patung Loro Blonyo. Loro Blonyo sendiri merupakan sebuah patung berbentuk sepasang pengantin yang dipercaya mereka mampu memberikan keberuntungan bila diletakkan di dalam rumah. Anda bisa menemukan patung tersebut ke dalam banyak pose. Patung ini dulunya pertama kali terlihat di Galeri Loro Blonyo yang kemudian diambil dari patung pengantin Kraton Yogyakarta.
  3. Terdapat beberapa macam galeri yang menawarkan sebuah kursus singkat untuk para wisatawan yang datang ke desa ini. Disinilah Anda juga dapat melihat seperti apakah proses pembuatan dari gerabah di seumlah rumah produksi yang ada disana. Sehingga, ini cocok sekali untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang proses pembuatan dari kerajinan gerabah itu.
  4. Gerabah yang dihasilkan berkualitas Internasional dengan aneka model2. Merupakan central pembuat langsung.
  5. Banyak diambil orang luar negeri untuk bisnis.
  6. Terdapat berbagai gerbah yang unik bentuknya.
  7. Banyak diambil orang dari berbagai negara untuk dijual kembali di negaranya ( Disini kadang banyak turis asing ).

Beberapa varian produk gerabah kasongan antara lain : Pot, Guci, Kendi, Aneka Patung, Tempat duduk, Dekorasi lampu dan berbagai jenis pernak pernik penghias rumah mulai dari yang kecil hinga besar sekali. Aagar  lebih jeli memilih anda dapat berjalan kaki menyusuri jalan kasongan tersebut. Untuk showroom yang besar tersedia tempat parkir mobil. Selamat berbelanja gerabah dan pilihlah sesuka anda. Kami dapat mengantar anda.

Kegiatan Menarik di Obyek Centra Industri Gerabah Kasongan

Pesona desa wisata Kasongan memang sangat menakjubkan. Ada banyak kegiatan menarik di tempat ini. Misalnya saja dengan adanya pemandangan yang cantik dari benda-benda yang berwarna-warni di sepanjang jalan. Sehingga, Anda bisa semakin dimanjakan olehnya. Belum lagi hampir setiap penduduknya selalu punya galeri yang berguna untuk memajang barang kerajinannya.

Misalnya saja, seperti vas, kendi, pot, pajangan, patung, piring, dll. Ada juga disini sebuah patung Yogya, bernama Loro Blonyo dari patung berbentuk sepasang pengantin yang mebawa keberuntungan. Selain hal itu, di bawah ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di desa wisata ini, antara lain:

  1. Anda bisa mengikuti kursus atau sebuah workshop yang sengaja disiapkan oleh para pengrajin setempat. Dalam workshop inilah Anda akan diajak untuk melihat sekaligus membuat proses pembuatan gerabah secara langsung di desa Kasongan mulai dari awal sampai akhir. Anda boleh membawa pulang hasil karya Anda.
  2. Jika Anda kerepotan untuk membawa gerabah dari beberapa toko, disini juga melayani jasa pengiriman ke luar kota. Bahkan, sekarang ini sudah ada gerabah Kasongan online yang semakin memudahkan pengunjung untuk membawa barang bawaannya.
  3. Di setiap tahunnya, di desa ini selalu ada festival seni Kasongan sebagai daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Dalam festival ini umumnya membawa tema tentang kesadaran untuk selalu membersihkan lingkungan. Dimana nantinya para pengrajin yang ada di desa akan sama-sama bersatu membersihkan sungai Bedog, mengolah limbah sampah kerajinan, dan juga menanam pohon secara bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan bersama 5 dusun yang ada di sekitar sentra kerajinan gerabah agar kelestarian lingkungan tetap terjaga.
Fasilitas

Sebagai desa yang sadar akan wisata, maka dari itulah desa ini sudah dilengkapi dengan semua fasilitas pendukungnya sebagai desa wisata. Disini sudah ada lahan parkir yang luas, toilet, mushola, tempat peristirahatan, warung makan, dll. Jika Anda ingin mengikuti sebuah kegiatan workshop atau seminar, Anda bisa menghubungi pihak pengelola dan pengrajinnya secara langsung.

Tiket Masuk

Satu hal yang menjadi alasan kenapa Anda harus datang ke tempat ini adalah karena biayanya adalah gratis. Disinilah Anda tidak akan dipungut biaya sepersenpun untuk mampir ke tempat ini. Anda bisa melihat berbagai macam sentra kerajinan gerabah lainnya secara gratis.

 

teracotta-kasongan

 

kasongan-pengrajin

 

Save

Lihat Juga :

www.alindstransport.com