Pesona Telaga Embung Batara Sriten Menakjubkan, Ini Buktinya!

Berada di puncak pegunungan Batur Agung, hal ini membuat Telaga Embung Batara Sriten menjadi satu-satunya telaga paling tinggi di Jogja. Dari tepian saja, Anda bisa melihat awan dan senja yang mempesona. Selain itu, Anda juga melihat lembah dan landscape perbukitan yang terhampar luas.

Lokasi dan Sejarah Embung Batara

Letak Telaga Embung Batara Sriten ada di perbukitan Baturagung Utara, di Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, di Kec. Nglipar, Kab. Gunungkidul, Jogja.

Dulunya, tempat wisata ini diresmikan Gubernur DIY, yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X. Saat ini, tempat ini diresmikan di bulan September 2014. Berada dari ketinggian 859 mdpl atau dari puncak pegunungan Baturagung Utara, ini menjadikannya sebagai embung paling tinggi di Jawa Tengah dan di Jogja.

 embung-batara

Spot Menarik di Telaga Embung Batara Sriten

Di bawah ini adalah beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi ketika sampai di Telaga Embung Batara Sriten, antara lain:

  1. Pemandangan di Puncak Mangir

Saat berpaling dari telaga, Anda bisa melihat pemandangan puncak Mangir yang ada di belakang embung ini. Disinilah Anda bisa mencoba mendaki lekukan jalur agar dapat menggapai puncak itu. Sesampainya di puncak ini, Anda akan melihat sebuah pemandangan dengan sudut mencapai 360 derajat yang  tersaji di depan mata.

Dari puncak Mangir inilah Anda bisa melihat waduk gajah mungkur dan bisa juga melihat rawa jombor dari kejauhan. Lekukan lembah, beserta gundukan bukit yang dipenuhi oleh desa-desa menjadi terlihat kecil dan samar.

  1. Petilasan berupa Makam Syech Wali Jati

Spot yang satu ini sejenak ada, tapi terlihat berbeda. Dari atas puncak bukit ini ada petilasan, yaitu kuburan dan makam. Berdasarkan cerita dari para penduduk setempat, dulu katanya makam itu adalah sebuah petilasan Syech Wali Jati yang telah moksa di bukit tersebut. Beliau adalah kerabat dari Kasultanan pada masa lalu.

  1. Klub Olahraga Dirgantara (Aerosport)

Selain menjadi sebuah destinasi alam terbaik, ada lagi salah satu spotyang sangat unik di Telaga Embung Batara Sriten. Yaitu, klub olahraga Dirgantara atau aerosport yang bisa dikunjungi. Olahraga itu meliputi gantole, paramotor,dan paralayang. Beberapa klub olahraga paralayang tersebut sudah pernah take off dari puncak mangir yang ada di Telaga Embung Batara Sriten ini.

  1. Tempat Penampungan Air

Sama halnya dengan Embung Nglanggeran, Telaga Embung Batara Sriten ini destinasi wisata baru yang berguna untuk menarik kunjungan para wisatawan gunung kidul. Saat ini, Telaga Embung Batara Sriten juga menjadi sarana penampungan air yang berguna untuk mengairi agrowisata manggis dan juga tanaman buah kelengkeng yang ada di sekitarnya.

Ketika berkunjung di sore hari, anginnya berhembus cukup kencang. Ini seperti angin yang ada di puncak gunung. Hawa dan suhu yang dingin benar-benar terasa, meskipun masih kalah dari gunung Merbabu ataupun gunung Merapi. Saat melewati bibir telaga, Anda bisa melihat lapisan geo membran atau sebuah lapisan seperti plastik dari HDPE yang dipakai untuk tempat penampungan air. Maka dari itulah, tempat ini tidak dijadikan sebagai perikanan karena bisa merusak geo membran lapisan itu.

embung-batara-gunungkidul

Kegiatan Menarik di Telaga Embung Batara Sriten

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Telaga Embung Batara Sriten, antara lain:

  • Hunting Foto

Jika Anda suka melukiscahaya dan mengabadikan moment terindah di bumi dengan melihat terbenamnya matahari, maka Telaga Embung Batara Sriten adalah spot terbaik untuk melakukannya. Karena spotnya benar-benar sangat photogenic. Saat cuacanya sedang cerah, panorama sunsetnya menjadi sangat mempesona.

Disamping itu, masih ada lagi puncak bukit mangir di belakang embung. Dimana disini tersedia gazebo kecil untuk dijadikan sebagai objek frame foto Anda. Yang pasti, Telaga Embung Batara Sriten ini memang bagus digoto dari semua sudut manapun. Tinggal tingkatkan saja sense of photograpy Anda agar Anda bisa menghasilkan hasil jepretan yang menakjubkan.

  • Sunset Seeing

Disinilah Anda bisa melihat bias sinar matahari yang telah tenggelam dibagian ufuk barat. Anda akan termanjakan dengan pemandangan perbukitan yang hijau di bawah embung. Tak harus naik dulu ke gunung yang tinggi. Hanya berdiri saja di tepi telaga, Anda dapat melihat senja dari atas gunung ini. Karena lokasi telaga ini berada di puncak ketinggian. Sehingga, Anda bisa melihat sunsest tanpa terhalang oleh apapun dengan mudah.

  • Camping

Jika sebelumnya Anda gemar camping, Anda bisa mencoba camping di Telaga Embung Batara Sriten ini. Karena kawasan ini tak perlu ditempuh dengan treking. Anda dapat menemukan spot terbaik untuk mendirikan tenda terbaik. Apalagi telaganya juga tenang dan masih ada pemandangan yang indah dari bawah.

Udaranya yang dingin dan senja yang terlihat mempesona bisa menjadi komposisi terbaik ketika Anda ingin bercamping di tempat ini. Saat malam mulai tiba, Anda bisa melihat taburan bintang di angkasa yang akan membuat suasananya makin indah.

  • Berselaras dengan Alam

Jika Anda ingin menikmati waktu Anda sendirian dan sedang membutuhkan me time karena sedang galau, maka Telaga Embung Batara Sriten adalah tempat terbaik untuk berselaras dengan alam dan bersantai. Karena telaga disini masih sepi, sehingga Anda bisa berselaras dengan alam sepuasnya tanpa ada gangguan. Sehingga, pikiran Anda akan lebih tenang dan siap memasuki hari baru dengan semangat yang lebih baru lagi.

  • Hammocking

Salah satu kegiatan terbaik yang bisa dilakukan di Telaga Embung Batara Sriten adalah hammocking. Apalagi disini ada banyak pohon besar yang cabangnya menjulur. Sehingga, selain menjadi spot terbaik yang photogenic dan mampu mencuri perhatian semua orang, tempat ini juga sangat nyaman dipakai untuk melakukan kegiatan hammocking.

Fasilitas  dan Tiket Masuk

Karena tempat ini sudah cukup populer, sehingga hal ini membuat fasilitasnya juga sudah cukup lengkap. Yaitu, lahan parkir yang luas, toilet, dan warung makan.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau. Yaitu sebesar Rp 3.000, – per orang. Sedangkan untuk biaya parkir motor adalah Rp 2.000, – dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000, -.

Akses Menuju ke Embung Batara Sriten

Untuk sampai di Telaga Embung Batara Sriten, Anda harus berkendara selama 1,5 jam dari kota Jogja. Untuk rute yang harus ditempuh adalah sebagai berikut ini:

  1. Dari kota Yogyakarta, pergi ke jalan Wonosari. Kemudian, pergi ke Piyungan, Patuk, sampai di pertigaan Sambipitu, ikuti saja rambu penunjuk jalannya.
  2. Sehingga, Anda bisa melihat pertigaan besar yang ada pohon beringinnya sebelum pasar Nglipar. Silahkan belok kiri.
  3. Anda akan sampai di jalan Nglipar Ngawen, lalu pergi ke Kedungpoh.
  4. Pertigaan sesudah Kantor Kepala Desa Pilangrejo, silahkan masuk ke jalan cor yang berbatu dan menanjak. Kini Anda sudah bisa sampai di Telaga Embung Batara Sriten.

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com