Candi Sambisari, Wisata dengan Rangkaian Kisah Paling Unik

Dulunya Candi Sambisari ini sempat terkubur di dalam tanah selama berabad-abad. Kemudian, ada seorang petani yang menemukannya. Kini Candi ini letaknya menjadi lebih rendah dari area permukaan sekitar. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa candi ini ramai dikunjungi para wisatawan.

Lokasi dan Sejarah Candi Sambisari

Letak candi ini berada di desa Purwomartani, di Kec. Kalasan, Sleman, DIY. Dari kota Jogja, candi ini jaraknya sejauh 12 km ke arah timur. Dulu kawasan utara Jogja telah menjadi pusat peradaban Mataram kuno dalam berabad-abad yang lalu. Di tempat inilah kemudian banyak candi mulai dibangun menjadi tempat pemujaan dan simbol prestise yang berdiri gagah di kaki merapi sampai ke pegunungan Batur Agung. Jika anda tidak tau anda bisa menggunakan jasa rental mobil jogja dari kami untuk sampai kesana.

Sampai pada akhirnya, terjadilah letusan gunung merapi yang dahsyat dan memuntahkan batuan vulkanik ke semua penjuru. Sehingga, kehidupan masyarakat langsung porak poranda dan membuat semua candi tersebut terkubur. Salah satu candi yang saat ini terkubur sangat dalam adalah Candi Sambisari.

Ketika candi lainnya ditemukan, Candi Sambisari ini masih tertidur dalam tanah. Sampai pada akhirnya ada petani, yaitu Karyowinangun menemukan bagian candi ini saat mencangkul sawahnya. Karena saat itu, mata cangkulnya telah membentur bongkahan batu lengkap dengan pahatan di permukaanya.

Setelah diteliti lebih dalam oleh Dinas Kepurbakalaan, diketahui bahwa batu itu adalah komponen candi. Sehingga, dilakukanlah eskavasi lanjutan hingga kemudian terbentuk Candi Sambisari yang bisa dikunjungi saat ini.

candi-sambisari-kalasan

Spot Menarik di Candi Sambisari

Selain memiliki kisah yang menarik, ternyata ada banyak spot yang menarik yang harus dikunjungi ketika tiba di candi ini, yaitu:

  1. Terdapat Candi seperti Kastil di Tengah Taman

Di dalam komplek candi ini tersusun atas 1 candi induk dan 3 candi pedukungnya. Ada 8 lingga patok yang telah tersebar hingga ke segala penjuru arah mata angin. Jika dilihat secara sepintas, candi ini terlihat seperti kastil di tengah taman. Karena itulah bagian ini menjadi salah satu spot menarik di Candi Sambisari.

Bagaimana tidak? Jika di sekelilingnya telah dihiasi dengan rerumputan yang tertata rapi dan berwarna hijau. Sehingga, hal ini membuat spot ini terlihat seperti sebuah taman milik halaman kerajaan dengan candi yang berada di tengahnya sebagai pusat taman.

  1. Hiasan Berbentuk Singa dalam Mulut Makara

Ketika menaiki tangga dari pintu masuknya, Anda akan melihat satu spot lagi yang menarik. Yaitu hiasan berbentuk singa didalam mulut makara. Selain itu, Anda juga akan menemukan selasar berukuran 1 meter. Saat Anda berjalan mengelilingi, Anda akan melihat 3 relung yang isinya arca. Dengan keunikannya inilah tempat ini patut dijadikan sebagai spot yang tak boleh terlewatkan.

  1. Arca Dewi Durga

Di sebelah utara, masih ada arca Dewi Durga sebagai istri Dewa Syiwa. Dimana arca ini memiliki 8 tanganyang membawa senjata. Di sebelah timur, ada arca Ganesha. Sedangkan sebelah selatannya ada arca Agastya lengkap dengan tasbihnya yang dikalungkan pada lehernya.

  1. Terdapat Lingga & Yoni yang Besar

Dalam bilik utamanya, ada lagi spot yang harus dilihat. Yaitu lingga dan yoni yang ukurannya cukup besar. Keberadaan keduanya ini menjadikannya sebagai candi yang dipakai untuk pemujaan Dewa Syiwa. Setelah keluar dari bangunan candi utamanya, Anda akan melihat 3 candi pendampingnya di sebelah barat.

Diperkirakan bahwa ketiga candi pendamping tersebut sengaja dibuat tanpa atap karena ketika proses penggalianya tidak ada batu yang dijadikan sebagai atapnya.

  1. Terdapat Museum Mini

Selain ada bangunan utama candi beserta areal tamannya, disini juga ada museum mini yang isinya tentang informasi sejarah dari penemuan Candi Sambisari ini beserta proses penggaliannya. Dalam museum inilah Anda akan melihat arca, batuan, dan foto-foto yang memperlihatkan kondisi sebelum pada akhirnya candi ini ditemukan seperti saat ini.

Baca Juga : Melihat Kemegahan Candi Borobudur

Kegiatan Menarik di Candi Sambisari

Dengan banyaknya spot menarik, ini mendukung kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika singgah ke Candi Sambisari. Yaitu sebagai berikut ini:

Menyusuri Sejarah dari Dinding Candi & Museum

Jika Anda menyukai sejarah, Anda bisa berkeliling menyusuri candi sambil mengamati setiap detail sejarahnya dari dinding arsitekturnya. Ini adalah salah satu kegiatan yang cukup menarik karena Anda bisa menemukan berbagai macam relung candi yang isinya arca. Disamping itu, disini uga ada lingga dan yoni yang berada di dalam bilik candi.

Dengan melihatnya saja Anda bisa belajar sejarah dari Candi Sambisari ini. Dimana dulunya tempat lingga dan yoni dijadikan sebagai tempat pemujaan untuk Dewa Syiwa. Bila Anda masih penasaran dengan informasi yang lain, Anda bisa berkunjung ke museum mini atau ruang informasi. Sehingga, Anda bisa melihat foto lingkungan sawah petani Karyowinangun sebelum tempat tersebut digali.

Mengabadikan Moment Lewat Foto

Karena tempat Candi Sambisari ini memiliki pesona yang menakjubkan, sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai spot terbaik untuk melakukan kegiatan fotografi. Karena, tak hanya ada bangunan candi saja, namun disini juga ada hamparan rumput hijau beserta taman yang rapi. Ada juga dinding tanah yang telah mengitari candi lengkap dengan tulisan Candi Sambisari dari sebuah perdu.

Di musim penghujan, kawasan ini terlihat hijau dan segar. Sehingga, seisi lokasinya cocok sekali bila dijadikan sebagai tempat terbaik untuk melakukan kegiatan fotografi, termasuk pre-wedding dan juga untuk sesi foto yang lainnya. Cukup sesuaikan temanya saja, kemudian cari angle yang terbaik, maka Anda bisa menemukan latar background yang indah untuk dijadikan sebagai foto terbaik yang bisa diabadikan.

Bersantai sambil Menanti Senja

Tak ada kegiatan paling menarik selain bersantai sambil menanti senja. Jadi, sesudah Anda menikmati keindahan dari bangunan candi ini, tak ada salahnya bila Anda bersantai di kawasan candi ini sambil menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat Anda. Mengingat disini memiliki taman yang luas, lengkap dengan rerumputan hijaunya. Maka tempat ini cocok sekali untuk tempat bersantai dan melepaskan penat dari segala macam rutinitas harian Anda sepanjang hari.

Cobalah untuk bersantai sambil merebahkan tubuh Anda pada rerumputan dan cobalah untuk menyantap bekal Anda disini sambil bercerita banyak hal bersama semua orang yang Anda ajak. Anda bisa bercengkrama disini sampai roda jingga senja memenuhi angkasa di langit.

Fasilitas dan Tiket Masuk Candi Sambisari

Fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap. Yaitu, ada museum, toilet, parkir, dll.

Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp 5.000, – per orang.
  • Harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara adalah Rp 10.000, – per orang.

Jam Buka: 08.00 sampai dengan 16.00 WIB

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di jam 8 pagi dan jam 9 pagi. Sehingga, sinar matahari tak begitu terik. Dengan begitu, Anda bisa menikmati Candi Sambisari dengan lebih nyaman.

Lihat Juga :

www.alindstransport.com