Ingin Menghilangkan Penat ? Liburan Saja ke Candi Ijo!

Candi Ijo adalah sebuah candi yang terletak pada lokasi tertinggi di Jogja. Yaitu berada pada ketinggian 410 mdpl. Kompleksnya berada di atas puncakgumuk ijo atau puncak bukit hijau. Situs candinya berbentuk lahan yang berteras-teras dan dikelilingi oleh tebing. Lahan peletakan bangunan candi ini terdiri dari tanah cadas. Jadi, tanahnya masih labil dan akan sangat becek ketika musim hujan tiba.

Lokasi Candi Ijo

Lokasi Candi Ijo ini berada di Dukuh Groyokan, di Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, di Kab. Sleman, DIY. Agar dapat sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh jalan tanjakan yang terjal. Karena pastinya kendaraan Anda harus benar-benar fit dan prima agar tidak macet d jalan. Ini penting sekali agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk sampai ke tempat ini, dari arah Jogja, ambil saja jalan ke Solo, Kalasan, kemudian dari terminal Prambanan bisa belok kanan menuju ke Ratu Boko. Kemudian, silahkan belok kiri dan mendaki saja terus sampai tiba di kompleks Candi Ijo ini. Satu lagi yang perlu diketahui adalah disini tidak ada angkutan umum. Jadi, Anda  hanya bisa datang kesini dengan cara membawa kendaraan sendiri atau menggunakan jasa travel mobil. Untuk lebih praktisnya anda bisa menggunakan jasa sewa mobil yang terpercaya di Jogja.

candi-ijo-jogja

Spot dan Kegiatan Menarik di Candi Ijo

Mengingat letaknya yang cukup ekstrim, yaitu berada di puncak bukit, maka spot menariknya juga menjadi banyak. Yaitu:

  1. Terdapat 17 Struktur Bangunan

Disini Anda bisa melihat 17 struktur bangunan yang tersusun di atas 11 teras yang berundak. Di teras puncak inilah Anda juga bisa melihat candi induk dan juga 3 candi perwara atau candi pendamping. Sementara dibagian halaman candinya dipenuhi oleh rerumputan hijau yang segar. Sehingga, Anda bisa menjadikan spot ini sebagai spot terbaik untuk tempat piknik.

Di tempat inilah Anda bisa merasa tenang dan damai. Karena Anda dapat menikmati keindahan panorama alam yang berada di bawah candi berbentuk teras-teras dengan sudut kemiringan yang curam. Saat cuacanya sedang cerah, Anda juga bisa melihat adanya pesawat yang sedang mendarat tepat di Bandara Adisucipto dan Gunung Merapi Merbabu yang sedang berdiri kokoh.

  1. Lautan Kabut dan Warna Batuan yang Cemerlang

Ada lagi spot yang sanga tmenarik ketika singgah di tempat ini. Yaitu, sebuah lautan kabut dan juga bebatuan yang berwarna cemerlang. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa datang di pagi hari dan sore hari. Kedua waktu ini sama-sama menawarkan nuansa pemandangan yang berbeda. Bila Anda datang di pagi hari, Anda akan merasakan nuansa candi yang terasa mistis.

Karena dingin dari embun benar-benar menusuk di tulang. Selain itu, Anda juga bisa melihat paparan dari sinar matahari di pagi hari yang menyinari atas bebatuan candi. Sehingga, hal ini bisa menunjukkan warna batuan yang terlihat cemerlang. Bila beruntung, Anda bisa menikmati lautan kabut yang sedang menyelimuti kaki bukit.

  1. Aneka Spot Foto yang Keren

Untuk Anda yang gemar berfoto, Anda bisa menemukan spot foto yang sangat keren disini. Mengingat Candi Ijo dibandung dari abad ke 10 sampai abad ke 11. Maka usianya yang tua inilah membuatnya memiliki daya pikat tersendiri. Apalagi bangunan candinya memang terlihat masih sangat kokoh dengan beberapa candi kecil lainnya.

Arsitekturnya yang menawan selalu berhasil menarik perhatian semua orang. Bahkan, ada banyak pengunjung yang kerap menjadikan bangunan itu menjadi latar foto mereka. Selain itu, ada juga gardu pandang yang bisa dijadikan sebagai spot terbaik untuk berfoto ketika berkunjung ke Candi Ijo.

  1. Pesona Sunset yang Menawan

Jika Anda gemar menikmati suasana keindahan sunset, maka Candi Ijo bisa menjadi salah satu spot terbaik untuk Anda. Karena, Anda tak perlu lagi jauh-jauh untuk mendaki gunung. Disini merupakan tempat yang sempurna supaya bisa menikmati keindahan mentari yang sedang terbenam.

Kegiatan Menarik di Candi Ijo

Dengan banyaknya spot yang menarik yang dihadirkan di tempat ini, sehingga ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Yaitu:

  • Menikmati Kemegahan Candi

Kompleks candi yang terdiri atas 17 struktur bangunan ini terbagi atas 11 teras yang berundak. Di teras yang ke 11 ada bangunan candi utama. Sementara di balik candi induk tersebut ada lingga yoni yang menggambarkan Dewa Siwa yang sedang menyatu dengan Dewi Parwati.

Sementara di bagian dinding luarnya ada relung yang digunakan untuk menaruh arca Agastya, Durga, dan Ganesa. Sedangkan, di depan candi innduk ada 3 candi perwara yang mengarah ke sebelah timur. Selain memiliki bangunan candi yang utuh, dalam kompleks ini juga ada banyak puing bebatuan yang masih belum selesai untuk disusun ulang. Maka dari itulah, menikmati keindahan candi yang ada di lereng bukit bisa menjadi salah satu kegiatan di Candi Ijo yang paling mengasikkan.

  • Picnic Party

Jika Anda ingin menggelar acara piknik party, maka Candi Ijo adalah tempatnya. Dengan hamparan tanah lapang yang memiliki rumput hijau diatasnya, Anda bisa menggelar karpet dan tikar untuk mengadakan piknik party. Suasananya yang masih terlihat sepi akan membuat kegiatan piknik Anda terasa lebih nyaman bebas gangguan dari aktivitas para pengunjung yang lainnya.

  • Sunset Seeing

Karena letaknya ada di lereng perbukitan Batur Agung, sehingga hal ini menjadikan kompleks Candi Ijo ini mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dari atas ketinggian candi inilah Anda bisa melakukan kegiatan untuk melihat panorama alam tepat di bawah teras-teras dengan sudut kemiringan yang curam.

Pandangan Anda bisa semakin bebas sampai bisa menumbuk batas cakrawala yang ada. ketika senja tiba, Anda dapat melihat semesta yang sedang meredup secara perlahan. Ada lagi bulatan mentari yang telah menghilang dari garis horizon sehingga hal ini membuat kegiatan sunset seeing menjadi terasa lebih menyenangkan.

  • Fasilitas

Di Candi Ijo inilah Anda bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas yang lengkap. Yaitu, toilet, halaman parkir yang luas, dan lahan untuk bersantai. Ini cukup lengkap, mengingat tempatnya juga masih sepi dan terpencil.

Baca Juga : Melihat Keindahan Istana Ratu Boko

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan Candi Ijo ini tidak dikenakan biaya apapun, atau GRATIS. Namun, Anda masih harus membayar biaya parkir kendaraan saja dan lapor kepada pihak penjaga yang sedang bertugas. Biaya parkirnya sebesar 2 ribu rupiah per motor. Tentu saja ini adalah biaya yang sangat ringan dan terjangkau untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di Candi Ijo.

Untuk jam bukanya sendiria dalah setiap hari dari jam 6 pagi sampai dengan jam setengah 6 sore. Untuk waktu terbaik singgah ke Candi Ijo adalah di sore hari ketika sinar mentari tidak begitu panas. Namun, sebaiknya jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment terbaik Anda saat berkunjung ke candi ini.

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com