Menikmati Keindahan Candi Borobudur

candi-borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu ikon wisata budaya Indonesia yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan banyak yang bilang tak akan meninggalkan Yogyakarta sebelum melihat Candi Borobudur. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang sangat megah diatas bukit.

Sejarah dan Lokasi Candi Borobudur

Candi ini dibangun pada abad ke 8 oleh dinasty Syailendra yang menganut agama Buddha.Proses pembangunan candi ini diperkirakan mencapai 50 tahun.Candi ini ditemukan tahun 1814 oleh para pemburu di hutan. penemuan ini kemudian dilaporkan kepada Raffles yang saat itu menjabat sebagai wakil Gubernur Inggris Pada tahun 1973 UNESCO membantu restorasi dengan skala yang besar untuk memunculkan Candi Borobudur. Penamaan Candi Borobudur  berasal dari bahasa Sansekerta yaitu: Vihara Buddha Beduhur, yang memiliki makna Kuil Buddha di puncak gunung. Hal ini masih merupakan suatu perkiraan

Lokasi dan Bentuk Candi Borobudur

Candi ini berada di atas Bukit Menoreh di Kabupaten Magelang, Daerah Istimewa Yogyakarta. Uniknya candi ini dikelilingi oleh gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro. Jaraknya kurang lebih 45 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Sekain itu letak candi ini juga berada di dekat pertemuan Sungai Elo dan Sungai Progo. Kosmologi Candi Borobudur.

Secara bentuk candi ini mempunyai  kosmologi yang dilukiskan dalam tingkatan candi yaitu:

  • Kamadhatu
    Melambangkan kehidupan manusia yang masih dikuasai oleh nafasu keduniawian atau masih dalam lingkaran karna
  • Rupadhatu
    Menyimbolkan manusia yang sudah bisa melepaskan diri dari nafsu keduniawian namun masih menyatu dengan rupa dan bentuk. Pada tahap ini menandakan alam transisi antara alam yang diatas dan alam diatas.
  • Arupadhatu
    Melukiskan manusia yang sudah bisa lepas dari nafsu keduniawian dan pembatasan bentuk dan rupa namun belum bisa mencapai nirwana, Hal ini digambarkan dengan rancangan keberadaan arca Buddha tapi tak terlihat, yaitu dengan ditutupi stupa.Tingkatan yang paling tinggi menggambarkan manusia yang sudah terbebas dari dunia secara sempurna dan terbebas dari ikatan rupa dan bentuk dan ketiadaan wujud dan sudah mencapai kebijakan tertinggi yang sudah lepas dari lingkaran samsara. Hal ini digambarkan dengan stupa terbesar dan tertinggi yang berbentuk polos tanpa lubang lubang

 

Candi-Borobudur-Temple

Spot Menarik di Candi Borobudur

Ada banyak spot menarik yang menjadikan Candi Borobudur ini patut dikunjungi oleh semua orang. Di bawah ini adalah beberapa contoh spot menarik yang membuat Candi ini bisa terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia, antara lain:

  1. Museum Samudraraksa

Jika sudah sampai di Candi Borobudur, maka jangan sampai melewatkan untuk datang ke museum ini. Karena disinilah Anda bisa melihat miniatur kapal, sejarah pelayaran dunia, dan juga berbagai macam barang yang telah ditemukan dari kapal karam. Bahkan tak hanya itu saja, ada banyak benda menarik yang ada di museum ini.

Salah satu spot terbaik ketika berada di museum ini adalah adanya koleksi, berupa Kapal Samudraraksa yang berasal dari kayu yang dapat dipakai untuk berlayar mengelilingi dunia. Dengan melihat kapal ini pula Anda akan lebih bangga terhadap nenek moyang pelaut yang benar-benar tangguh.

  1. Museum Karmawibangga

Ini adalah salah satu spot menarik di Candi Borobudur ini. Museum ini terletak di dekat pintu keluar. Jadi, lokasinya tak jauh dari Museum Samudraraksa. Di museum ini benar-benar bersih dan sudah ber-AC. Museum ini tela disimpan ke dalam batu candi yang mana sampai saat ini belum ditemukan pasangannya. Dan ada juga arca yang terkenal, yaitu, “The Unfinished Budha”..

Di antara dari sekian banyak koleksi yang paling menarik disini, yang paling menarik adalah disini juga ada foto panel relief, yaitu Karmawibangga yang mengisahkan tentang hukum sebab akibat juga termasuk relief kamasutra. Anda tidak akan pernah melihat relief seperti ini di bangunan candi. Karena letaknya telah tertutup oleh batu.

  1. Candi yang Megah

Candi Borobudur berbentuk tapak persegi dan punden berundak , adapun ukuran panjang kurang lebih 123 meter dan lebar 123 meter, memiliki  tinggi ± 42 m. Sehingga luas candi ini adalah 15.129 m2. Adapun keunikan candi borobudur adalah dibangun dengan relief dan dan arca yang dirangkai tanpa menggunakan semen tapi dapat berdiri kokoh dan kuat. Material batu kemungkinan diambil dari sungai sungai sekitar candi

Kegiatan Menarik di Candi Borobudur

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika singgah di Candi Borobudur, antara lain:

  1. Mengenal Peninggalan Budaya Bernilai Tinggi

Anda dapat mengenal peninggalan budaya yang sangat bernilai dengan mengelilingi candi, melihat bangunan yang meiliki nilai seni tinggi baik berupa bentuk dan pahatan candi. Selain itu anda dapat melihat pemandangan yang sangta indah dari atas candi.

  1. Mengambil Gambar dengan Berfoto

Sangat bagus untuk berfoto dengan latar belakang candi borobudur. Setelah anda berkeliling anda dapat berbelanja souvenir khas Candi Borobudur yang mana sudah disediakan di area dekat pitu keluar.

  1. Menikmati Sunrise dan Sunset yang Indah

Tak hanya itu wisata candi borobudur juga menyajikan pemandangan sunrise dan sunset yang menawan dan banyak diminati wisatawan. Jadi, jika sebelumnya Anda mengaku menjadi, “pemuja matahari”, Anda harus melihat sunset dan juga sunrise dari atas Candi. Karena dari sinilah Anda bisa melihat sinar matahari sore ketika menelusup di antara lubang dari stupa yang bersinar keeamasan dan menimpa wajah Budha.

Ini adalah salah satu pemandangan yang sangat bagus dan menarik. Sehingga, pemandangan disini sangat sayang untuk dilewatkan. Maka dari itulah, berdiri dari tumpukan batu candi yang basah dan dingin oleh embun pagi harus dilakukan demi merasakan sensasi tersendiri. Terlebih ketika bisa melihat mentari yang telah menyembul dari balik gunung, Anda bisa merasakan energi positif yang terserap ke dalam tubuh Anda.

Sunrise-Candi-Borobudur-Temple

Sunset-Candi-Borobudur-Temple

  1. Pradaksina

Kegiatan lainnya yang harus dicoba ketika singgah ke tempat ini adalah kegiatan pradaksina. ini adalah sebuah kegiatan dimana Anda bisa berjalan melewati candi yang searah dari jarum jam. Entah itu dari tingkatan yang pertama ke kiri, barulah kemudian Anda bisa naik lagi ke tingkat berikutnya.

Kegiatan ini bisa dilakukan sampai ke tingkat yang terakhir dan tiba di puncak.  Dengan melakukan kegiatan pradaksina penuh dari tingkat 1 sampai ke puncak inilah sama saja Anda sudah melakukan kegiatan trekking dari atas candi hingga 2 km.

  1. Menunggang Gajah

Satu lagi kegiatan paling menarik ketika berada di tempat ini adalah Anda bisa naik gajah. Bahkan, bila Anda mempunyai uang lebih, Anda bisa mendapatkan sensasi untuk berpetualang dengan cara mengikuti paket tour naik gajah untuk mengelilingi desa dan juga mengelilingi sungai di area candi. Dijamin ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang seru dan tidak terlupakan untuk Anda.

  1. Naik Kereta Kelinci atau Andong Wisata

Jika Anda ingin mengitari candi namun Anda malas untuk berjalan kaki, maka Anda bisa naik kereta kelinci ataupun naik andong wisata. Dengan transportasi inilah Anda dapat mengelilingi candi dengan mudah anti ribet dari bawah. Ini cocok sekali untuk Anda yang tidak ingin kelelahan.

  1. Bersepeda

Jika Anda ingin menikmati tempat wisata ini dengan nuansa yang berbeda, maka Anda bisa naik sepeda tandem yang bisa disewa dengan mudah. Dengan bersebeda inilah Anda dapat melewati jalanan di sekitar candi yang masih jarang dilintasi oleh para wisatawan.

Fasilitas Tiket Masuk Candi Borobudur

Karena merupakan obyek wisata internasional, tempat ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap yaitu :Pusat Informasi, Museum Karmawibangga,  Museum Samuderaraksa, parkir Kendaraan, Toilet, Mushola selain itu juga ada kereta yang dapat membawa anda keliling taman candi

Untuk jam buka Candi Borobudur ini adalah jam 6 pagi sampai dengan jam 5 sore. Untuk harga tiket masuknya bervariasi. Untuk tiket dewasa sebesar Rp 30.000, -. Sedangkan harga tiket masuk untuk anak-anak kurang dari 6 tahun adalah Rp 12.500, -. kemudian, untuk foreigners atau wisatawan manca negara, untuk biaya tiket masuk orang dewasa adalah sebesar 20 USD. Sedangan foreingers untuk anak-anak sebesar 10 USD.

Untuk rombongan pelajar yang datang dengan jumlah lebih dari 20 orang, dengan jumlah orang dewasa lebih dairi 30 orang akan mendapatkan harga khusus. Anda bisa mendapatkan harga khusus dengan cara melapor ke loket pelayanan dispensasi yang ada di ticketing area.

Candi-Borobudur-Temple

Lihat Juga :

www.alindstransport.com