Bukit Parangndog, Tempat Terbaik Mencari Sunset di Yogyakarta

Bukit Parangndog merupakan salah satu tempat pariwisata alam yang paling terbaik dan teromantis yang ada di Yogyakarta. di tempat inilah Anda bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan, yang mana tidak akan Anda temukan di tempat yang lainnya. Tertarik dengan seperti apakah keindahan alamnya? Simak ulasan berikut ini!

Lokasi

Untuk bisa sampai ke lokasi bukit Parangndog ini, maka Anda harus segera datang ke desa Girijati, tepatnya di Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

71-bukit-parangndog

Spot Menarik di Bukit Parangndog

Banyak hal yang bisa Anda lakukan bila Anda pergi ke bukit Parangndog. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan bila Anda berkunjung ke Bukit Parangndog itu meliputi sebagai berikut ini:

  1. Menikmati Indahnya Senja di Sore Hari

Saat Anda berada di bukit Parangndog, maka Anda bisa menikmati indahnya senja di sore hari. Dimana dari situlah nantinya Anda bisa menikmati keindahan senja ini bersama dengan sahabat Anda dan juga orang – orang yang Anda cintai.

  1. Melihat Gantole di Bukit Parangndog

Disinilah Anda bisa melihat gantole atau paralayang di bukit Parangndog. Yang paling menariknya lagi adalah, Anda bisa melihat pemandangant ersebut secara gratis lo..!

  1. Melihat Hamparan Samudra Hindia

Tidak hanya itu saja, disini pula Anda bisa menikmati hamparan samudra Hindia dan deburan ombaknya yang begitu kuat dan menakjubkan.

  1. Menikmati Tempat yang Romantis

Di tempat ini pula merupakan salah satu tempat yang paling romantic dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di Jogja yang lainnya, seperti di bukit Bintang. Maka dari itulah, bila kini Anda sedang merasa jatuh cinta dan Anda ingin menyatakan cinta, maka Anda bisa mengajak calon pasangan Anda di bukit Parangndog ini. Karena di bukit inilah Anda bisa menikmati keindahan dunia di Yogyakarta.

  1. Tempat Terbaik Menghabiskan Waktu di Akhir Pekan

Bukit Parang Endog atau disebut juga dengan Bukit Paralayang Watu Gupit ini sangat baik sekali dijadikan sebagai tempat terbaik untuk menghabiskan waktu selama akhir pekan datang. Ini cocok sekali untuk Anda yang menyukai spot wisata alam yang memiliki sunset yang menawan.

  1. Menikmati Sunset dari Atas Ketinggian

Bukit Parang Endog ini mempunyai ketinggian mencapai 900 mdpl. Itulah kenapa tempat ini memiliki salah satu spot terbaik supaya bisa menikmati sunset di kota Yogyarakta. Karena panorama alamnya sangat menakjubkan. Salah satu spot menarik dan paling hits disini adalah bisa melihat matahari yang terbenam dari bukit Paralayang yang ada di atas tebing dari pantai parangtritis.

Bukit Paralayang yang dulunya bernama bukit Parangndog ini kerap dipakai untuk kegiatan Paralayang. Maka dari itulah, banyak orang menyebutnya sebagai bukit Paralayang. Maka dari itulah, jangan bingung jika ada 2 sebutan nama disini. Yaitu Paralayang dan Parangndog adalah sama.

  1. Menikmati Keindahan Pantai Selatan

Disinilah Anda bisa menikmati keindahan pantai Selatan dari tempat ini. Ada banyak deretan pantai selatan yang berjajar dan terlihat dari bukit Parangndog ini. Deretan pantai yang berjajar tersebut dimulai dari ujung timur sampai dengan Depok.

  1. Menikmati Pesona Alam Perbukitan yang Syahdu

Disinilah Anda bisa menikmati pesona alam perbukitan yang sangat syahdu. Meskipun di sore hari selalu padat pengunjung, namun ternyata ini tidak mengurangi keindahan alamnya yang epic di mata. Ada panorama laut lepas yang mempu menyejukkan mata. Ada juga ketinggian bukit Parang Endog yang bisa memanjakan mata Anda untuk melihat pesona alam perbukitannya yang masih asri dan hijau. Suasana alamnya sangat syahdu karena hembusan anginnya sejuk. Sehingga, bisa memberi ketenangan tersendiri.

  1. Eksplorasi Spot Cantik untuk Berselfie

Disinilah Anda bisa mengeksplorasi beberapa spot cantik untuk berselfie sambil menikmati keindahan alamnya. Jadi, selain melihat sunset, Anda juga bisa menemukan objek fotografi yang sangat keren. Sehingga, Anda bisa melihat kegiatan paralayang yang menakjubkan untuk fotografi.

  1. Bermain Paralayang

Disini Anda akan menemukan spot terbaik untuk bermain paralayang di atas lautan. Tentunya dilakukan bersama instruktur yang berpengalaman. Maka dari itulah, tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin mengusir penat dari kegiatan sehari-hari.

 

Kegiatan Menarik di Bukit Parangndog

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di bukit Parangndog ini. Yaitu:

  1. Menikmati senja

Tak perlu diragukan lagi saat singgah di sore hari. Disinilah Anda bisa menikmati senja di atas bukit bersama orang terkasih. Karena tempat ini sangat romantis. Ada angin sepoy-sepot yang membuat udaranya segar dan membuat semua orang enggan meninggalkannya sebelum mentari terbenam.

  1. Melihat Paralayang atau Gantole

Seperti yang disampaikan sebelumnya. Disini terdapat paralayang untuk para penerbang paralayang. Namun, jika Anda takut melakukannya, Anda juga bisa melihat para penerbang secara gratis disni. Sehingga, ini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Melihat Hamparan Samudera Hindia

Seperti yang diketahui, laut selatan di pulau Jawa itu berhadapan secara langsung dengan Samudra Hindia. Maka dari itulah, arus dan ombaknya sangat kuat. Ini berbeda sekali jika lautnya ada di utara pulau Jawa. Biasanya lautnya menjadi lebih tenang. Nah, dari sinilah saat berada di atas bukit Parangndog, Anda bisa melihat hamparan laut yang luas milik Samudra Hindia.

  1. Menyatakan Cinta

Karena tempatnya begitu romantis, Anda bisa menikmati kemesraan disini. Apalagi tempat ini nuansa romantisnya melebihi dari tempat yang lainnya. Ini bisa membuat Anda yang sedang kasmaran menjadikan tempat ini sebagai tempat terbaik untuk menyatakan cinta pada orang tersayang. Bila Anda sudah memiliki pasangan, Anda bisa menikmati hari yang indah bersama pasangan di tempat ini.

 

Fasilitas

Meskipun letaknya di atas perbukitan, ternyata fasilitasnya sangat lengkap. Ada area parkir yang luas, toilet, mushola, dan warung. Bahkan, sebelum sampai ke landasan paralayang, tepat dibawah bukitnya ada cafe outdoor yang keren. Disinilah Anda bisa menikmati kopi hangat sambil bersantai untuk melihat keindahan laut lepas.

 

Tiket Masuk

Harga tiket parkir mobil adalah Rp 10.000, – per mobil. Namun meskipun begitu, ada spanduk yang tertulis di area parkir bahwa bila melebihi jam 5 sore, maka pihak pengelola parkir tidak mau bertanggung jawab atas kerugian atau kehilangan kendaraan. Di tempat parkir ini pula ada warung kecil penjual makanan ringan yang lengkap.

Setelah sampai di tempat parkir, Anda masih harus berjalan kaki untuk menaiki bukit kecil yang terjal hingga 5 menit. Saat menaiki bukit ini, Anda akan melihat pemandangan dari hamparan Samudra Hindia dan hamparan pantai Parangtritis yang cukup memanjakan mata. Untuk biaya tiket masuk di bukit Parangndog ini sebesar Rp 5.000, -. Namun, ketika sampai di kawasan bukit paralayang, akan dikenakan biaya pakir kendaraan Rp 3.000, – untuk motor.

Kawasan ini buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai dengan jam setengah 7 malam. Jika Anda ingin menikmati sensasi bermain paralayang, maka silahkan bayar Rp 300.000, – sampai dengan Rp 350.000, – per orang lengkap dengan pemandunya yang profesional.

Jam Buka Bukit Parangndog

Supaya bisa menikmati indahnya sunset di Bukit Parangndog ini, maka Anda bisa langsung mengunjunginya di jam 15.00 WIB, untuk menunggu datangnya sunset. Sementara untuk turunnya, sebaiknya Anda turun dari bukit ini pada jam 18.30 WIB. Karena biasanya di jam tersebut tidak ada orang lagi yang akan menjaga parkiran.

Waktu Berkunjung Terbaik

Biasanya bukit paralayang ini akan ramai di sore hari, setidaknya jam 3 sore. Maka dari itulah, sebaiknya berkunjunglah di jam tersebut. Namun, saat adzan magrib terdengar, biasanya akan banyak pengunjung yang pulang. Diwaktu inilah mentari sudah tenggelam dan hanya tersisa kegelapan dan kerlap-kerlip lampunya saja.

Maka dari itulah, sebaiknya turuni bukit kurang dari setengah 7 malam. Mengingat tidak akan ada orang yang menjaga parkir di jam tersebut, sebaiknya segera pulang sebelum jam tersebut.

Untuk menuju ke lokasi ini tidak sulit. Cukup lurus saja dari arah pantai parangtritis. Setelah itu, belok kanan ke arah bukit Paralayang. Anda akan melihat ada pertigaan sesudah kontur jalan yang mulanya datar menjadi mulai menanjak. Jangan khawatir, karena kondisi jalannya aman dan sudah mulus. Meskipun ada juga beberapa tempat yang memiliki tanjakan yang ekstrim. Sehingga, dibutuhkan skill khusus agar dapat menaklukannya.

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com