Air Terjun Kedung Pengilon, Panorama Khas dari Bantul

Bila Anda kini sedang mencari tempat untuk refreshing, maka Anda bisa mencoba untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Pengilon. Dimana disinilah Anda bisa menikmati aura magis dari air terjun yang satu ini. Selain itu, disinilah Anda bisa langsung mengaca ke sumber Air Terjun Kedung Pengilon karena memang airnya begitu jernih. Tak hanya itu saja, disinilah Anda bisa berenang di kolam pemandian yang satu ini.

Lokasi dan Sejarah

Ditinjau dari segi asal mulanya, sebenarnya nama Kedung Pengilon ini dalam bahasa Indonesia itu artinya adalah kolam = kedung. Sedangkan pengilon berarti cermin. Jadi, bila diartikel secara keseluruhan, nama air terjun Kedung Pengilon ini adalah air terjun yang airnya jernih dan sangat bening seperti kaca. Maka dari itulah, namanya menjadi Kedung Pengilon.

Dengan air yang begitu jernih dan bening inilah Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat terbaik untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Misalnya saja, seperti bermain air sekaligus berenang dengan santai bersama dengan para pengunjung yang lainnya. Maka dari itulah, tak heran jika tempat ini selalu diramaikan oleh pengunjung.

Tempat Air Terjun Kedung Pengilon ini berada di desa Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Dusun petung, dan di Kab. Bantul, DIY. Untuk Anda yang sedang mencari tempat pariwisata paling terjangkau, maka Anda bisa datang ke Air Terjun Kedung Pengilon yang satu ini. Selain murah, tempat wisata ini juga sangat indah dan menakjubkan. Sehingga, Anda bisa menikmati segarnya air sambil berenang atau sekedar mencuci muka Anda.

Hanya saja, untuk bisa sampai ke air terjun Kedung Pengilon ini Anda harus berjalan kaki dulu. Setidaknya, Anda harus berjalan kaki hingga 5 menit, jika Anda melewatinya menggunakan jalan setapak. Untuk ketinggian air terjun ini sendiri setinggi 10 meter. Sedangkan dibagian bawahnya ada kolam yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berendam. Karena ukuran diameternya berukuran sebesar 15 meter.

75-air-terjun-kedung-pengilon

Spot Menarik di Air Terjun Kedung Pengilon

Ada satu jenis daya tarik utama yang bisa dijadikan sebagai spot terbaik untuk menikmati air terjun ini. Yaitu, air terjunnya. Air terjun wisata ini menjulang setinggi 10 meter. Sedangkan dibawahnya ada kolam yang airnya jernih. Sehingga, hal ini menjadikannya sebagai spot paling menarik ketika berkunjung ke tempat ini. Disinilah para pengunjung dapat berenang.

Namun, jika Anda ingin melakukannya, Anda harus memiliki kemampuan untuk menyelam dengan baik. Karena kedalaman kolamnya telah mencapai hingga 8 meter. Selain memiliki panorama yang indah dari air terjun yang terlihat, ada juga spot menarik yang lain disini. Yaitu, terdapat sebuah nuansa yang masih asri dan alami dari hutan sekitarnya.

Disinilah nantinya Anda bisa memanjakan mata sambil menikmati hutan di sekitar. Suasana di area wisata Kedung Pengilon ini masih sangat sejuk dan asri. Bening aliran air sungai dari air terjun ini dijamin bisa membuat Anda merasa puas setelah bersusah payah sampai ke tempat ini.

kedung pengilon-1

Kegiatan Menarik di Air Terjun Kedung Pengilon

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Di bawah ini adalah beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan oleh para wisatawan saat datang ke tempat ini, antara lain:

  1. Bersantai di Sekitar Air Terjun

Sama seperti namanya, lokasi tempat ini berada di Desa Bangunjiwo yang mana masih masuk ke dalam kawasan DIY. Disinilah para pengunjung akan menemukan kolam yang sangat luas yang kedalamannya mencapai 8 meter. Ini adalah aliran air yang berasal dari puncak sumber.

Selain ada kolam yang bisa dipakai untuk menyelam, disini juga ada sungai yang mengalir steady yang dapat digunakan untuk bersantai. Keindahan dari air terjunini didukung dengan banyaknya pepohonan yang berwarna hijau. Sehingga, hal ini membuat nuansa alamnya menjadi sangat terasa dan semakin menyenangkan untuk dilihat.

Udaranya yang masih khas dengan kesejukannya membuat tempat wisata air ini bisa menyihir semua orang yang datang kesini. Mereka bisa bersantai dan rileks di tempat ini sesudah melewati berbagai macam kegiatan selama kuliah atau bekerja. Selain itu, air terjun yang disebut juga dengan grojokan Kedung Pengilon ini semakin terlihat indah saat pengunjung bisa melihat dari sisi jembatan bambu yang terdapat di area Kedung Pengilon dari pada hanya melihat sebelum jembatan bambunya.

Maka dari itulah, kemudian pihak setempat membangun beberapa tempat duduk di sekitar sana untuk bersantai dan menikmati pemandangan dan juga suasana yang terdapat di sekitar Kedung Pengilon ini. Dari sini juga kenapa semua warga sekitar sengaja membiarkan pepohonan di sekitar sini tumbuh besar agar alam di sekitarnya terlihat asri.

  1. Berenang

Bentuk kolam air terjun Kedung Pengilon ini bentuknya oval. Sedangkan diameternya berukuran sebesar 15 meter. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air terjun disini sangat jernih. Itu karena airnya berasal dari mata air yang masih alami. Bahkan, semakin jernihnya, ini membuat air terjun dan kolam disini berwarna hijau kebiru-biruan.

Warna air ini terlihat hijau kebiru-biruan karena dasar Kedung Pengilon ini terdapat banyak sekali bebatuan berwarna putih. Sedangkan kedalaman kolamnya sekitar 8 meter. Karena itulah, ada larangan berenang ataupun mandi di kolam ini untuk mereka yang tidak bisa berenang. Karena sangat berbahaya sekali.

Dengan kedalaman yang sangat tinggi, sebaiknya para pengunjung yang datang tanpa skill renang jangan nekat masuk ke kolam tanpa dilengkapi dengan perlindungan ekstra. Anda bisa membawa rompi dan pelampung untuk mengamankan posisi ketika ingin bersantai sambil menikmati keindahan kolam di sekitar.

  1. Berfoto Ria

Tempat wisata   ini tidak sekedar asyik untuk fotografi saja. Tempat ini juga sangat aman  dan nyaman untuk kegiatan relaksasi. Apalagi air terjunnya juga sangat eksotik. Harganya yang terjangkau membuat kantong para mahasiswa dan pelajar tidak akan kehabisan. Dijamin tempat ini akan membuat kegiatan berwisata Anda semakin lengkap dan sempurna.

Anda bisa datang sambil berfoto ria untuk menikmati keindahan pemandangan alam disekitarnya dan mengambil gambar pemandangan yang begitu indah. Datanglah di pagi hari atau di hari yang cerah supaya bisa menikmati pemandangan di sekitar. Sehingga, hasil jepretannya menjadi lebih bagus.

Maka dari itulah, supaya lebih aman dan mendapatkan hasil jepretan yang bagus, sebaiknya jangan datang ketika hari menjelang malam. Karena disini masih minim penerangan dan akan sepi di malam hari. Apalagi banyak orang menyebutkan bahwa tempat ini terkenal dengan keangkerannya dari mitos dan misteri yang berkembang dikalangan masyarakat. Maka, datang saja di pagi hari.

  1. Bermain Air

Jika Anda tidak bisa berenang, maka Anda masih bisa bermain air di sekitar sini. Karena ternyata disini masih ada lubang mata air yang kemudian terkumpul menjadi satu ke dalam kolam kecil. Dimana disinilah sudah disediakan alat gayung oleh warga sekitar yang berasal dari batok kelapa untuk mandi dan bisa juga dipakai untuk bermain air.

Fasilitas

Perlu diketahui bahwa meskipun Air Terjun Kedung Pengilon ini begitu mengesankan, namun berbicara tentang fasiltias umumnya, tempat wisata ini belum lengkap. Karena itulah, bila Anda ingin buang air besar ataupun buang air kecil, sebaiknya tuntaskan sebelum Anda ke Air Terjun Kedung Pengilon tersebut.

Tiket Masuk

Untuk bisa memasuki Air Terjun Kedung Pengilon ini sebenarnya tidak dikenakan biaya apapun. Hanya saja, untuk lebih amannya, sebaiknya Anda membayar biaya untuk parkir kendaraan Anda supaya bisa lebih aman, yang meliputi di bawah ini:

Biaya Parkir Motor           : Rp 2.000, -/ motor.

Biaya Parkir Mobil            : Rp 5.000, -/ mobil.

Biaya Sewa Ban               : Rp 3.000, -/ ban renang.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa air terjun Kedung Pengilon ini memiliki beberapa curug kecil. Dimana ketika musim kemarau tiba, curug ini sering mengalami kekeringan. Begitu juga untuk kedung utamanya. Disamping itu, saat musim kemarau tiba, air terjun disini volume airnya menjadi sangat sedikit. Maka dari itulah, jika Anda ingin berkunjung kesini, sebaiknya datang saja di musim penghujan. Namun, datang ketika cuaca sedang cerah. Agar Anda bisa menikmati keindahan alamnya yang masih alami dan asri.

Nah, dari sinilah, untuk Anda yang suka berselfie di alam terbuka, dan mencari tempat yang unik, sebaiknya Anda datang ke Air Terjun Kedung Pengilon yang satu ini. Karena memang tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling cocok untuk menikmati dan menghabiskan akhir pekan bersama – sama dengan keluarga, teman, dan rekan, untuk menikmati segarnya air di kolam pemandian yang satu ini.

 

Lihat Juga :

www.alindstransport.com